Selasa 05 Dec 2023 15:21 WIB

Lakukan Transformasi Digital, Baznas RI Raih Dua Penghargaan Top Digital Awards 2023 

Penghargaan ini diharapkan terus memotivasi Baznas untuk terus memberikan inovasi.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI berhasil meraih dua penghargaan Top Digital Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Majalah It Works.
Foto: Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI berhasil meraih dua penghargaan Top Digital Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Majalah It Works.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI berhasil meraih dua penghargaan Top Digital Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Majalah It Works. Dua penghargaan tersebut diraih pada kategori Top Digital Implementation 2023 #Star 4 dan Top Leader On Digital Implementation 2023 kepada Ketua Baznas RI Prof Noor Achmad. 

Penghargaan diterima oleh Pimpinan Baznas RI Bidang Teknologi dan Informasi Prof Muhammad Nadratuzzaman Hosen, bersama Direktur Keamanan Informasi, Data dan Layanan Digital Baznas RI Andrian, di Jakarta, Senin malam (5/12/2023).

Baca Juga

"Alhamdulillah, kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara atas penghargaan yang diberikan. Penghargaan ini menjadi motivasi kami ke depan untuk terus  berupaya melakukan transformasi digital dalam pengelolaan zakat," ujar Pimpinan Baznas RI Bidang Teknologi dan Informasi Prof Muhammad Nadratuzzaman Hosen, dalam keterangan tertulis. 

Menurutnya, transformasi digital pengelolaan zakat ini telah menjadi bagian dari salah satu misi Baznas yaitu pada poin kelima yakni "Modernisasi dan digitalisasi pengelolaan zakat nasional dengan sistem manajemen berbasis data yang kokoh dan terukur."

 

"Berbagai upaya transformasi digital telah dilakukan Baznas, seperti adanya Sistem Informasi Manajemen Baznas (SIMBA), yakni sebuah sistem yang dibangun dan dikembangkan untuk keperluan penyimpanan data dan informasi yang dimiliki oleh Baznas secara nasional," ujarnya. 

Tidak hanya itu, Nadratuzzaman melanjutkan, Baznas memiliki Kantor Digital Baznas. Kantor Digital merupakan sarana kerja berbasis teknologi telekomunikas untuk memudahkan pengumpulan dan pengelolaan zakat, penguatan aplikasi backbone layanan dan pengelolaan zakat (Aplikasi SIMBA), aplikasi Intranet Portal untuk mendukung kebutuhan internal unit kerja di Baznas RI, dan lainnya.

"Baznas juga memiliki aplikasi Cinta Zakat. Ini adalah aplikasi yang diluncurkan sebagai upaya memberi kemudahan kepada masyarakat untuk menebar kebaikan melalui zakat, infak, dan sedekah yang disalurkan," katanya. 

Nadratuzzaman berharap, penghargaan ini dapat terus memotivasi Baznas untuk memberikan inovasi-inovasi digital yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan umat. 

Top Digital Awards merupakan kegiatan penghargaan tahunan di bidang TI, Telco, dan Teknologi Digital, yang terbesar, dan paling komprehensif di Indonesia. Kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai kementerian/lembaga, serta perusahaan bergengsi di Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement