Selasa 05 Dec 2023 05:15 WIB

12 Fakta Ini Jelaskan Mengapa Yaman yang Diisyaratkan Alquran Getol Bela Palestina 

Yaman mempunyai keterikatan sejarah kuat dengan Palestina

Drone buatan Houthi di Sanaa Yaman yang digunakan untuk membantu perjuangan Palestina. Yaman mempunyai keterikatan sejarah kuat dengan Palestina
Foto: EPA-EFE/YAHYA ARHAB
Drone buatan Houthi di Sanaa Yaman yang digunakan untuk membantu perjuangan Palestina. Yaman mempunyai keterikatan sejarah kuat dengan Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Tentu ingatan kita masih kuat dengan penangkapan kapal  'Galaxy Leader' dilaporkan telah dibajak oleh kelompok Houthi Yaman di Laut Merah. Kapal tersebut dikabarkan mengangkut 22 orang. 

Sebelumnya, pada Ahad (19/11/2023), juru bicara militer Houthi Yaman, Yahya Sarea mengatakan kelompoknya akan menargetkan semua kapal berbendera Israel yang melintas di Laut Merah dan Selat Bab al-Mandeb, menurut Telegram kelompok tersebut. Sarea juga menyerukan kepada semua negara untuk menarik awaknya dari kapal-kapal Israel.

Baca Juga

Houthi mengatakan tidak akan ragu untuk menargetkan kapal Israel mana pun di Laut Merah atau di tempat lain yang dapat dijangkau oleh kelompok tersebut. Beberapa fakta berikut ini menjelaskan betapa pentingnya Yaman dalam pertempuran dengan zionis Israel; 

1. Konflik horizontal ataupun vertikal di Yaman menjurus pada perang saudara yang mendorong kehancuran negeri itu. Campur tangan pihak asing justru memperburuk keadaan. Di balik itu, penulis ingin berbagi sisi lain Yaman yang memiliki hubungan istimewa dengan Palestina.

 

Sebagaimana uraian Dr Musthafa Luthfi dan N Hasanah Mustofa Lc dalam buku Perjuangan Palestina Masa Kini, Longmarch Lintas Bangsa: Indonesia, Yaman, Al-Quds (AWG Press, 2009), tidak berlebihan jika Yaman pantas disebut sebagai jalan lintas menuju al-Quds. Hal ini mengingat ikatan historis dan akidah yang telah terbina antara Palestina dan Yaman sejak masa lampau.

Alquran telah mengabadikan kisah masuk Islamnya bangsa Yaman yang sekaligus menandai terjalinnya hubungan agung dua bangsa: Palestina dan Yaman meskipun letak geografis berjauhan.

2. Peristiwa sangat penting dan bersejarah itu tak hanya berhenti hingga masuknya Bilqis ke jalan Allah SWT, tapi dibarengi pula dengan mukjizat luar biasa, berpindahnya singgasana Bilqis di Mareb, Yaman, ke Baitul Maqdis di Palestina dalam waktu sekejap, setelah terjadi persaingan jin dan manusia untuk memindahkannya sesuai keinginan Nabi Sulaiman. Hal ini dijelaskan Allah dalam surat an-Naml ayat 38-40.

3. Alquran menegaskan hubungan istimewa antara Yaman dan Palestina. Tiadalah dua tempat istimewa yang dihubungkan dengan tali mukjizat selain Palestina dan Yaman serta antara Baitul Haram di Makkah dan Masjid Al-Aqsa di Baitul Maqdis saat Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW.

4. Begitupun teks hadis yang menyebutkan pembebasan Syam (Palestina) dan Yaman, kabar gembira yang disampaikan Rasulullah SAW. Banyak hadis Nabi SAW tentang pilihan dan keutamaan negeri Syam (Palestina) dan Yaman karena peran keduanya dalam membela Islam dari konspirasi musuh.

5. Belum lagi banyak tokoh yang memiliki nasab (asal-usul) atau berasal dari kabilah di Yaman yang dikenal memiliki hubungan kuat dengan Palestina, baik dalam perjuangan jihad di tanah tersebut atau ikut serta dalam pembebasan tanah Palestina. Di antaranya dari para sahabat dan tabiin, Zaid bin Haritsah RA, Abdullah bin Rawahah RA, Abdullah bin al-Thufail RA, Abu Hurairah RA, dan Ubai bin Ka`ab RA.

Baca juga: Heboh Wolbachia, Ini Tafsir dan Rahasia Nyamuk yang Diabadikan Alquran Surat Al-Baqarah

 

Bahkan ada juga tokoh Yaman kontemporer yang gigih berjuang di Palestina dan sebagian mereka mencapai derajat mati syahid, seperti Hussein Al-`Aradah, Al-Hajj Yahya Al-Yamani, Al-Hajj Mathna Hussein Al-Yamani, dan Mohammad Saeed Baobad bersama warga Indonesia.

6. Sikap Yaman istimewa karena mulai dari pemerintah, ulama, kalangan parpol, dan rakyat memiliki satu sikap menyangkut perjuangan di Palestina. Intinya, mereka mendukung perlawanan bersenjata melawan zionisme dan meminta dibukanya perbatasan untuk agar seluruh relawan Muslim bisa membantu saudaranya di Palestina melawan kekejaman Zionisme. 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement