Ahad 03 Dec 2023 14:02 WIB

Gencatan Senjata Usai, Tujuh Warga Palestina Gugur Dibom Israel di Perbatasan Gaza-Mesir

Tentara Israel mengatakan telah melakukan lebih dari 400 serangan di Gaza.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi bendera Palestina.
Foto:

Dia menghitung ada 10 orang wafat di keluarganya dan 13 lainnya masih di bawah reruntuhan. Warga Gaza kekurangan makanan, air dan kebutuhan pokok lainnya, dan banyak rumah hancur. Badan-badan PBB telah menyatakan bencana kemanusiaan, meskipun beberapa truk bantuan tiba pada Sabtu.

Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan Israel telah meminta LSM-LSM tidak membawa konvoi bantuan melintasi perbatasan Rafah dari Mesir setelah gencatan senjata berakhir. Namun, badan amal tersebut mengatakan pada Sabtu rekan-rekannya di Mesir telah berhasil mengirimkan sejumlah truk.

Israel mengancam untuk melenyapkan Hamas dan melancarkan kampanye udara dan darat yang telah menewaskan lebih dari 15 ribu orang, sebagian besar adalah warga sipil. Gencatan senjata selama sepekan, yang ditengahi dengan bantuan Qatar dan didukung oleh Mesir dan Amerika Serikat, menghasilkan pembebasan 80 sandera Israel dengan imbalan 240 tahanan Palestina.

Namun, gencatan senjata itu gagal dan kedua belah pihak saling menyalahkan karena melanggar ketentuannya. Israel mengatakan Hamas telah mencoba menembakkan roket sebelum gencatan senjata berakhir, dan mereka gagal memberikan daftar sandera lebih lanjut untuk dibebaskan.

Para perunding Israel meninggalkan Doha pada Sabtu setelah menemui jalan buntu dalam perundingan yang bertujuan untuk menghentikan kembali permusuhan. Tentara Israel mengatakan 137 sandera masih ditahan di Gaza.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan kepada wartawan bahwa tindakan militer baru diperlukan untuk menciptakan kondisi yang mendorong (Hamas) untuk membayar harga yang mahal, dan itu adalah pembebasan sandera.

Para sandera Israel yang dibebaskan dari Gaza berbicara secara terbuka pada Sabtu untuk pertama kalinya. Mereka mendesak pemerintah menjamin pembebasan para tawanan yang tersisa.

Kewajiban moral pemerintah adalah...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement