Kamis 23 Nov 2023 16:25 WIB

Arab Saudi Kirim Berbagai Macam Bantuan untuk Rakyat Palestina di Gaza

Arab Saudi mendorong bantuan internasional untuk Gaza

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Truk yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza (ilustrasi).   Arab Saudi mendorong bantuan internasional untuk Gaza
Foto: EPA-EFE/KHALED ELFIQI
Truk yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza (ilustrasi). Arab Saudi mendorong bantuan internasional untuk Gaza

REPUBLIKA.CO.ID, RAFAH – Pejabat tinggi Arab Saudi yang dipimpin oleh Dr. Abdullah Al-Rabeeah mengunjungi Titik Perbatasan Rafah Mesir pada Rabu (22/11/2023) waktu setempat. Tujuannya adalah meninjau proses bantuan kemanusiaan yang disalurkan Arab Saudi untuk mendukung rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Al Rabeeah selaku pengawas jenderal Pusat Bantuan Kemanusiaan Raja Salman (KSrelief) Arab Saudi melakukan peninjauan ini dengan didampingi oleh Duta Besar Saudi untuk Mesir, Osama Nugali, dan tim khusus dari pusat KSrelief, serta perwakilan dari Bulan Sabit Merah Mesir dan Bulan Sabit Merah Palestina. Dia meninjau kemajuan dan mekanisme penyaluran bantuan kemanusiaan yang diberikan Arab Saudi.

Baca Juga

Dilansir Saudi Gazette, Kamis (23/11/2023), Al-Rabeeah meluncurkan salah satu konvoi bantuan menuju titik perbatasan Rafah. Dia juga mengunjungi gudang-gudang tersebut, mengawasi tahapan persiapan dan pengelolaan konvoi bantuan Arab Saudi, dan memeriksa prosedur koordinasi dengan otoritas terkait yang bertanggung jawab atas masuknya bantuan ke sektor tersebut.

Mereka juga mengunjungi titik perbatasan Rafah, memeriksa pengaturan dan volume konvoi bantuan serta kemajuan operasi kemanusiaan di persimpangan tersebut. Hal ini sejalan dengan keinginan Kerajaan untuk mempercepat masuknya bahan bantuan dalam jumlah maksimum untuk memenuhi kebutuhan para korban.

 

"Hari ini kita menyaksikan pemeriksaan bantuan-bantuan Arab Saudi, termasuk makanan, shelter tempat berlindung, pasokan medis, serta ambulans yang diangkut melalui jembatan bantuan udara dan laut," kata Al-Rabeeah.

Baca juga: Syekh Isa, Relawan Daarul Quran di Gaza Syahid Sekeluarga dan Kisah Putri Dambaannya

Dia mengatakan, jumlah total penerbangan bantuan yang diselenggarakan oleh pusat tersebut hingga saat ini telah mencapai 15, dengan kapal pertama membawa muatan 1,050 ton dan menandai dimulainya jembatan bantuan maritim. Kapal kedua akan berlayar Sabtu depan, sedangkan kapal ketiga akan berlayar Selasa berikutnya.

Konvoi yang diresmikan tersebut terdiri dari lebih dari 326 truk yang secara bertahap akan bergerak ke perbatasan Rafah dan kemudian ke Jalur Gaza, sebagai kelanjutan dari konvoi bantuan Arab Saudi yang memasuki sektor tersebut dalam beberapa hari terakhir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement