Kamis 16 Nov 2023 17:29 WIB

Milad Ke-111, Muhammadiyah Angkat Tema 'Ikhtiar Menyelamatkan Semesta'

Agenda milad lain, yakni Forum Konsolidasi Nasional menghadapi Pemilu 2024.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ani Nursalikah
Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu'ti.
Foto: Republika/Eva Rianti
Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu'ti.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar rangkaian kegiatan Milad ke-111 PP Muhammadiyah selama tiga hari mulai 16-18 November 2023. "Ikhtiar Menyelamatkan Semesta" menjadi tema yang diangkat dalam penyelenggaraan milad ke-111 PP Muhammadiyah.

"Kenapa kita mengambil tema Ikhtiar Menyelamatkan Semesta, Muhammadiyah sudah sangat serius mengangkat masalah lingkungan ini sejak Muktamar Makassar tahun 2015," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti di Universitas Aisyiyah (Unisa), Sleman, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga

Selain itu, ditingkatkannya Lembaga Lingkungan Hidup menjadi Majelis Lingkungan Hidup menjadi bukti bahwa PP Muhammadiyah menaruh perhatian pada isu lingkungan hidup. Kemudian, salah satu agenda yang juga dilakukan dalam rangka milad ke-111 PP Muhammadiyah yakni Konsolidasi Nasional yang digelar di Unisa pada Kamis (16/11/2023) siang.

Forum Konsolidasi Nasional digelar dalam rangka menghadapi Pemilu 2024. Konsolidasi Nasional akan dihadiri oleh pimpinan wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah seluruh Indonesia, ketua unsur lembaga pimpinan tingkat pusat, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan rumah sakit.

"Agendanya adalah kesiapan dan persiapan Muhammadiyah menghadapi Pemilu 2024," ucapnya.

Selain itu, dalam rangka milad ke-111 PP Muhammadiyah juga menyelenggarakan kegiatan Global Forum for Cimate. Global Forum for Climate Change digelar pada 17-18 November 2023. "Acara ini diselenggarakan kerja sama Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan Kementerian Luar Negeri dan beberapa lembaga mitra lainnya," katanya.

Sedangkan resepsi milad ke-111 akan digelar pada Sabtu (18/11/2023) malam di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Acara juga akan dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.

"Acara milad terbuka untuk umum," ujar Abdul Mu'ti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement