Sabtu 11 Nov 2023 14:35 WIB

Mengenal Terowongan Hamas, Strategi Perang yang Bikin Zionis Israel Ciut Nyalinya 

Hamas menggunakan terowongan untuk perang gerilya

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nashih Nashrullah
Seorang aktor berpakaian sebagai militan Hamas merangkak keluar dari terowongan saat kru dari saluran satelit al-Aqsa yang dikelola Hamas syuting untuk serial 30 episode, berjudul Fist of the Free, di Beit Lahiya, Jalur Gaza utara, Kamis , 3 Februari 2022.
Foto:

Israel menganggap terowongan-terowongan tersebut sebagai ancaman keamanan utama dan telah berulang kali menargetkan mereka dengan serangan udara, operasi darat dan ranjau darat.

Israel juga menuduh Hamas mengalihkan bantuan kemanusiaan dan sumber daya dari masyarakat Gaza untuk membangun terowongan-terowongan tersebut. Israel juga mengklaim telah menghancurkan atau merusak ratusan terowongan dan membunuh atau menangkap banyak pejuang dan komandan Hamas. 

Desain dan struktur 

Terowongan-terowongan di Gaza sangat kompleks dan luas, dan Hamas telah menginvestasikan banyak sumber daya dan upaya untuk membangun dan memeliharanya. Terowongan-terowongan itu biasanya berada sekitar 20 meter (65 kaki) di bawah tanah.

Namun beberapa di antaranya bisa mencapai kedalaman 70 meter (230 kaki) di bawah permukaan bumi. Terowongan juga tersembunyi di bawah bangunan dan infrastruktur sipil sehingga sulit untuk dideteksi dan dihancurkan tanpa menyebabkan kerusakan tambahan.

Jenis dan fungsinya yang berbeda tergantung pada lokasi dan tujuannya. Beberapa jenis terowongan yang utama adalah:

-Terowongan penyelundupan: Ini adalah terowongan yang menghubungkan Gaza dengan Mesir, dan digunakan untuk menyelundupkan barang dan senjata melintasi perbatasan. Biasanya sempit dan dangkal, dan digali dengan tangan atau dengan alat sederhana. Rentan terhadap banjir, runtuh, dan ditutup oleh pihak berwenang Mesir.

- Terowongan serangan: Terowongan ini adalah terowongan yang melintasi perbatasan dengan Israel, dan digunakan untuk meluncurkan roket dan menyusup ke wilayah Israel. Biasanya lebar dan dalam, dan digali dengan buldoser dan bahan peledak dan diperkuat dengan beton dan logam, serta dilengkapi dengan listrik dan ventilasi. Terowongan-terowongan ini juga dipasangi jebakan dengan bahan peledak dan dipasangi kamera dan sensor.

- Terowongan pertahanan: Ini adalah terowongan yang membentang di bawah Jalur Gaza, dan digunakan untuk bersembunyi dan melarikan diri dari serangan Israel, serta untuk menyimpan dan mengangkut peralatan dan para pejuang. Terowongan-terowongan ini juga lebar dan dalam, dan digali dengan buldoser dan bahan peledak.

Biasanya juga diperkuat dengan beton dan logam, dan dilengkapi dengan listrik dan ventilasi. Terowongan-terowongan ini juga berfungsi sebagai tempat penampungan, pusat komando, rumah sakit, dan fasilitas penyimpanan bagi para pejuang Hamas dan warga sipil.

Baca juga: Surat Yasin Ayat 9, Diamalkan Nabi SAW dan Dibaca Pejuang Hamas Ledakkan Tank Israel

 Terowongan-terowongan itu sangat strategis dan serbaguna, dan Hamas menggunakannya untuk berbagai tujuan. Terowongan-terowongan itu memungkinkan Hamas untuk menghindari serangan udara, memindahkan pesawat tempur dan senjata, melancarkan serangan mendadak, dan menanam bom. 

Ini juga memungkinkan Hamas untuk mempertahankan kehadiran dan pengaruhnya di Jalur Gaza, bahkan setelah kehilangan sebagian besar wilayahnya kepada pasukan Israel dan sekutu-sekutunya. 

Terowongan-terowongan tersebut memberikan Hamas keuntungan dalam perang asimetris karena mereka dapat mengejutkan dan menyergap pasukan Israel dan menghindari konfrontasi langsung.

Sumber: euriasiaeview.co.ic  

photo
Tiga Front Perlawanan Palestina - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement