Jumat 27 Oct 2023 16:59 WIB

Siapa yang Disebut Sebagai Santri?

Peran santri terlihat jelas dari jauh-jauh hari sebelum Indonesia merdeka.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Santri
Foto:

Golongan santri juga tidak dapat dikecualikan dari arus besar yang masih memprihatinkan tersebut. Sekalipun santri sebenarnya sudah memiliki arus kekuatan kecil yang sehat, jujur, moderat, dan idealis. Golongan santri yang terjun dalam politik justru terkesan sibuk dengan urusan politik praktis.

Beliau mengingatkan belum terlambat bagi golongan santri untuk memperbaiki langkah politiknya sesuai dengan semangat awal dalam memberikan yang terbaik terhadap bangsa. Jika menengok kepada Alquran, beliau berpesan, maka golongan santri tidak boleh terpecah belah dan bercerai berai. Pengalaman sejarah yang penuh trauma masa lalu, tidak boleh dijadikan berhala untuk diabadikan sekarang ini.

Siapa santri?

Di dalam beberapa kesempatan, KH Mustofa Bisri atau yang kerap disapa Gus Mus kerap memberikan definisi mengenai santri. Secara sederhana jika dipahami, santri merupakan orang yang berguru kepada para kiai untuk memperoleh ilmu dan keteguhan akhlak yang baik.

 

Secara lebih luas, makna santri dapat dipahami sebagai orang yang berakhlak yang mencintai agamanya, keluarganya, negaranya, mengerti budi pekerti, serta memiliki sikap welas asih kepada sesama dan makhluk-makhluk Allah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement