Rabu 25 Oct 2023 03:26 WIB

Pimpinan Pesantren Gontor Kunjungi Grand Syekh Al Azhar

Gontor akan terus berkolaborasi dengan Al Azhar.

KH Hasan Abdullah Sahal bersama Grand Syekh Al Azhar
Foto: dok web
KH Hasan Abdullah Sahal bersama Grand Syekh Al Azhar

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO- Pimpinan Pondok Modern Gontor KH. Hasan Abdullah Sahal dan Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, MA. berkunjung kepada Grand Syekh Al-Azhar Prof. Dr. Ahmad At-Thoyyib, 24/10.

Pertemuan membahas kerjasama strategis pendidikan dan percepatan SDM di lingkungan pondok pesantren. KH. Hasan menyampaikan ungkapan terima kasih dan apresiasi kepada Al-Azhar atas peranannya yang berkesinambungan dalam rangka pendidikan dan pembinaan kepada alumni pondok pesantren khususnya Gontor dan pesantren alumninya yang sedang studi di Al-Azhar Kairo. Kiai Hasan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Mesir atas kebaikan dan keramahan penerimaan yang diberikan kepada para mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Al-Azhar.

Baca Juga

Kiai Hasan menyatakan, bahwa para alumni Al-Azhar tersebut selesainya studi di Mesir kembali ke Indonesia, mengabdi di lembaga pendidikan, sekolah dan berkiprah penting di masyarakat dengan membawa nilai-nilai keIslaman sesuai yang diajarkan oleh Al-Azhar.

Gontor menjadikan Al-Azhar sebagai salah satu shyntesa dan rujukan keilmuan, Al-Azhar merupakan lembaga pendidikan Islam tertua yang memiliki reputasi keilmuan yang sangat tinggi.

 

Sementara itu, Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi memohon kepada Grand Syaikh Al-Azhar agar kiranya percepatan kaderisasi bagi kalangan pesantren di Indonesia dapat diberi kemudahan-kemudahan.

Grand Syekh Al-Azhar menyambut kunjungan Pimpinan Pondok Modern Gontor dengan hangat, Grand Syaikh Al-Azhar menganggap Gontor adalah miniatur Al-Azhar yang ada di Indonesia, yang memainkan peran penting di Indonesia dan terus berkomitman dalam rangka melahirkan SDM unggulan.

Grand Syekh Al-Azhar dalam sambutannya menyampaikan rasa sangat bangga dengan hubungan Indonesia Mesir yang sangat erat dan terus berkembang.

Grand Syekh Al-Azhar juga menyampaikan bahwa mahasiswa Indonesia yang studi di Al-Azhar memiliki ahlak dan sikap baik, sopan dan akademik yang sangat bagus.

Menurutnya, Al-Azhar terus berperan aktif dalam rangka pembinaan mahasiswa asing agar betul-betul menjadi duta besar risalah Al-Azhar di kemudian hari di negaranya masing-masing.

Grand Syekh Al-Azhar Prof. Ahmad At-Thoyyib menyambut baik undangan Gontor untuk menghadiri acara kesyukuran 100 Gontor pada tahun 2026.

Sebelumnya Grand Syekh telah berkunjung ke Gontor pada tahun 2016 dan 2018.

Pertemuan dihadiri oleh Wakil Grand Syekh Prof. Dr. Muhammad Ad-Dhuwaini, Penasehat Grand Syekh; Ambassador Abdurrahman Musa, Prof. Dr. Nahla As-Shoidy dan Prof. Dr. Abdul Daim Nusair, Atdikbud KBRI Kairo Prof. Dr. Bambang Suryadi, Ketum PP IKPM Al-Ustadz Noor Syahid, S.Ag., Pimpinan Pondok Modern Tazakka/Wakil Sekjen DMI KH. Anizar Masyhadi dan Al-Ustadz Akrimul Hakim.

photo
Rombongan Gontor bersama Grand Syekh Al Azhar - (dok web)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement