Sabtu 21 Oct 2023 11:28 WIB

Beda dengan di Israel, McDonalds di Timur Tengah Justru Kompak Kirim Bantuan ke Palestina

McDonald’s berperang dengan dirinya sendiri.

Restoran McDonalds
Foto:

Sejak mengumumkan dukungannya terhadap tentara Israel, McDonald’s Israel telah mengubah akun Instagramnya menjadi “pribadi”. Ini menyusul reaksi keras dari konsumen di negara-negara Arab dan Muslim.

Meskipun McDonald’s merupakan salah satu merek Amerika yang paling ikonik, sebagian besar restorannya di seluruh dunia dimiliki dan dioperasikan secara lokal. Kantor pusat McDonald’s di Chicago, Amerika Serikat tidak menanggapi permintaan komentar Aljazirah.

Kasus McDonald’s menyoroti dinamika geopolitik rumit yang harus dihadapi oleh merek-merek global di era di mana dunia usaha sering kali diharapkan mempertimbangkan isu-isu sosial dan politik yang penting.

Kontroversi ini juga menghidupkan kembali diskusi tentang apa yang disebut teori pencegahan konflik Golden Arches. Teori tersebut dipopulerkan oleh Friedman dalam bukunya The Lexus and The Olive Tree pada 1999.

Teori bahwa negara-negara dengan kekayaan dan stabilitas yang cukup untuk mendukung jaringan besar seperti McDonald’s tidak berperang satu sama lain telah banyak didiskreditkan setelah konflik antarnegara yang memiliki merek tersebut. Ini termasuk Perang Kosovo pada 1998-1999 dan invasi Rusia ke Ukraina.

McDonald's tidak memiliki gerai di Gaza...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement