Sabtu 21 Oct 2023 11:04 WIB

Aksi Solidaritas Dukung Palestina, Peserta: Bela Palestina Panggilan Iman

Massa menyeru para pemimpin Muslim ikut membantu Palestina.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Aksi damai solidaritas untuk mujahidin dan Muslim Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta, Sabtu (21/10/2023).
Foto: Republika/ Fuji E Permana
Aksi damai solidaritas untuk mujahidin dan Muslim Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta, Sabtu (21/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peserta Aksi Solidaritas Palestina melakukan aksi damai di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (21/10/2023) pagi. Massa aksi damai solidaritas untuk mujahidin dan Muslim Palestina menyeru para pemimpin Muslim ikut membantu Palestina.

Peserta aksi solidaritas Palestina, Ahmad Salim mengatakan kedatangannya ke depan Kedutaan Besar AS untuk melakukan aksi damai tidak memiliki maksud apa pun selain membela Palestina yang sedang dijajah Israel.

Baca Juga

"Ikut aksi solidaritas Palestina adalah panggilan iman kita sebagai Muslim," kata Ahmad saat ditemui Republika di tengah massa aksi damai, Sabtu (21/10/2023)

Ahmad mengatakan, Muslim satu dengan Muslim lainnya punya hak. Maka, hak seorang Muslim adalah membela Muslim lainnya, khususnya Muslim Palestina yang sedang dijajah Israel.

Ahmad ingin menyuarakan kepada para pemimpin Muslim untuk benar-benar membela pihak yang benar, yaitu Palestina yang dijajah Israel. Kepada pemerintah AS, diserukan untuk memutus hubungan dengan penjajah Israel.

Peserta aksi lainnya, Tegar mengatakan, mendukung dan membela Palestina adalah hal yang wajar. Dilihat dari sejarah, Israel datang menjajah bangsa Palestina. Sekarang mereka terbukti melakukan kekerasan dan kejahatan serta melanggar hukum internasional.

Tegar menegaskan, bangsa Palestina hanya memperjuangkan haknya yakni kemerdekaan dan kehidupan yang laiak. Maka sebagai sesama manusia dan sesama Muslim, harus membela mereka yang terzalimi yakni bangsa Palestina yang sedang dijajah Israel secara brutal.

"Saya berharap kepada semua penguasa dan para pemimpin, untuk segera mengusahakan agar pintu masuk ke Gaza dibuka, agar bantuan kemanusiaan bisa masuk untuk membantu para korban di Gaza," ujar Tegar.

Tegar mengatakan, mari mendoakan bangsa Palestina. Orang-orang yang bisa membantu Palestina dengan berdonasi, salurkan donasi ke lembaga yang tepat. Selain berdoa dan berdonasi, juga bisa ikut memboikot produk-produk yang terafiliasi dengan Israel atau produk yang mendukung Israel.

Sementara itu, koordinator Aksi Solidaritas Palestina berorasi agar para pemimpin Muslim membela Palestina. Dalam orasinya juga menyeru untuk mengusir Kedutaan Besar AS dari Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement