Rabu 18 Oct 2023 14:09 WIB

Ribuan Warga Ciamis Gelar Sholat Istisqa Serempak di 27 Kecamatan

Kemarau panjang menyebabkan kekeringan dalam beberapa bulan terakhir.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Ani Nursalikah
Ribuan warga melaksanakan sholat istisqa di Alun-Alun Ciamis, Rabu (18/10/2023).
Foto: Dok Humas Pemkab Ciamis
Ribuan warga melaksanakan sholat istisqa di Alun-Alun Ciamis, Rabu (18/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Ribuan warga Kabupaten Ciamis menggelar sholat istisqa di Alun-Alun Ciamis, Rabu (18/10/2023). Sholat yang juga diikuti oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya itu dilaksanakan untuk meminta hujan kepada Allah SWT. 

 

Baca Juga

Herdiat mengatakan terjadinya musim kemarau yang terjadi saat ini berdampak kepada masyarakat luas. Saat ini, terjadi krisis air bersih dan kekeringan di berbagai daerah. Padahal, air merupakan kebutuhan sehari-hari yang harus dimiliki.

 

 

"Banyak masyarakat membutuhkan air bersih untuk sekedar membersihan diri. Hal ini disikapi dengan bijak dan menjadi tanggung jawab pemerintah bersama dengan elemen lainnya untuk dicarikan solusi," kata dia, Rabu (18/10/2023). 

Menurut Herdiat, kemarau panjang yang terjadi telah menyebabkan kekeringan dalam beberapa bulan terakhir di Kabupaten Ciamis. Akibatnya, masyarakat mengalami berbagai masalah seperti kurangnya pasokan air untuk berbagai kebutuhan, kekeringan pada lahan pertanian hingga menyebabkan gagal panen di sejumlah wilayah. 

 

Pelaksanaan sholat istisqa dinilai merupakan salah satu upaya untuk meminta hujan kepada Allah SWT. Tak hanya dilakukan di Alun-Alun Ciamis, Bupati Ciamis juga telah mengeluarkan Surat Edaran Bupati Ciamis Nomor 400.8.2.3/1.480-Kesra perihal imbauan sholat istisqa hingga di tingkat sampai desa atau kelurahan di Kabupaten Ciamis.

 

Menurut Herdiat, sholat istisqa yang dilakukan secara serempak itu di 27 kecamatan hingga ke tingkat desa itu, diharapkan menjadi ikhtiar bersama seluruh masyarakat Tatar Galuh Ciamis yang beragama Islam untuk memohon kepada Allah SWT. Ia berharap, Allah SWT segera menurunkan hujan di Kabupaten Ciamis.

 

Herdiat juga berterima kasih kepada seluruh warga yang ikut serta melaksanakan sholat istisqa. "Semoga apa yang kita rasakan saat ini segera berakhir. Jika ini adalah cobaan, mudah-mudahan kita bisa meminimalisasi dan mengurangi perbuatan buruk kita. Semoga Allah SWT mengabulkan doa kita untuk menurunkan hujan," kata dia. 

 

Dalam kesempatan itu, Herdiat juga mengajak seluruh jamaah yang hadir untuk sama-sama mendoakan rakyat Palestina. Ia berdoa agar rakyat Palestina diberi kekuatan dan kesehatan dalam menghadapi kondisi peperangan yang terjadi. 

 

"Saya sebagai pemerintah mengajak kepada bapak ibu yang hadir untuk sama-sama mendoakan saudara-saudara kita di Palestina yang mendapat musibah peperangan. Mudah-mudahan diberikan kekuatan, kesehatan dan dipanjangkan umurnya oleh Allah SWT," kata dia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement