Jumat 06 Oct 2023 14:13 WIB

Kemenko PMK Apresiasi BAZNAS dalam Pengentasan Kemiskinan Ekstrem

Baznas berkomitmen menguatkan zakat sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Logo Baznas.
Foto: blogspot.com
Logo Baznas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang telah berupaya membantu pemerintah dalam menangani pengentasan kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy yang diwakili oleh Deputi IV Kemenko PMK Prof. Warsito S.Si, DEA, Ph.D pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) BAZNAS 2023, di Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Baca Juga

"Kami mewakili pemerintah, dalam hal ini Kemenko PMK mengapresiasi BAZNAS sebagai salah satu lembaga filantropi yang telah berkontribusi mendukung nyata program-program pemerintah dalam menangani permasalahan-permasalahan nasional," kata dia.

Warsito mengatakan, pihaknya juga mengapresiasi BAZNAS yang telah proaktif, tanggap bahkan hadir di depan lebih dahulu. "BAZNAS ini taktis, kami pernah mendampingi di bidang pendidikan, saat menangani gempa Ciamis, ternyata BAZNAS sudah hadir lebih dahulu hadir dengan program-program yang nyata," tuturnya.

 

BAZNAS, kata Warsito, memiliki berbagai program yakni seperti beasiswa, tanggap bencana, dan microfinance. Berbagai program BAZNAS telah mendorong tumbuhnya perekonomian generasi muda untuk menjadi pengusaha. Program-program yang nyata ini telah dilakukan BAZNAS.

"Karena itu, program-program di BAZNAS Pusat yang sudah bagus mohon direplika di BAZNAS Provinsi/Kota/Kabupaten. Kami juga berharap, pengelolaan zakat oleh BAZNAS dapat diarahkan tepat sasaran kepada mustahik," ujarnya.

"Semoga Allah memberikan kekuatan kepada BAZNAS untuk bisa mengemban amanah umat dan BAZNAS dapat mendukung program-program prioritas pemerintah sebaik mungkin," harap Warsito.

Kegiatan Rakornas BAZNAS 2023 ini telah dibuka oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin pada Rabu (20/9/2023), dengan mengusung tema "Integrasi Pengelolaan Zakat dengan Prinsip 3A: Aman Syar'i, Aman Regulasi, Aman NKRI".

Rakornas BAZNAS 2023 akan membahas evaluasi pencapaian pengelolaan zakat per provinsi tahun 2022 dan semester 1 2023, penguatan pencapaian target 2023, serta perencanaan, target, dan strategi pengelolaan zakat tahun 2024.

Adapun Rakornas BAZNAS 2023 didukung oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Syariah Indonesia (BSI), Midtrans, BPJS Ketenagakerjaan, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Bank Mandiri, Jamkrindo Syariah, Bank Muamalat, ParagonCorp, Antam, dan Logam Mulia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement