Jumat 29 Sep 2023 19:56 WIB

Pemkab Ogan Komering Ulu Gelar Sholat Istisqa Minta Turun Hujan

Masyarakat diajak introspeksi dan bertobat.

Ilustrasi.
Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BATURAJA -- Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menggelar sholat Istisqa di Taman Kota Baturaja. Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah mengatakan sholat Istisqa dengan imam Ustadz KH Mursyid Qori Indra ini diikuti unsur pejabat di lingkungan pemkab setempat dan ribuan masyarakat di daerah itu.

"Mari kita introspeksi diri, bertobat, menyerahkan diri kepada Allah, serta merenungkan kesombongan yang tidak sejalan dengan ajaran Nabi Muhammad SAW, dan berkomitmen tidak mengulanginya lagi," ujarnya, Jumat (29/9/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan, sholat sunah ini bertujuan meminta turun hujan untuk menghindari kekeringan panjang dan musibah lainnya, seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Dalam kegiatan tersebut, ia mengajak masyarakat introspeksi dengan harapan berbagai cobaan, seperti kekeringan panjang, kebakaran hutan, dan kabut asap, dapat diangkat oleh Allah SWT.

Ustadz KH Mursyid Qori Indra dalam khutbah menyampaikan bahwa sholat sunah dua rakaat itu dalam rangka memohon rahmat dari Allah SWT serta dijauhkan dari bencana kebakaran hutan dan lahan di Sumsel. Dia mengatakan, selama enam bulan terakhir, Kabupaten OKU dilanda kemarau yang terdampak El Nino sehingga terjadi bencana kekeringan di wilayah itu.

"Sholat Istisqa merupakan sholat sunnah sebanyak dua rakaat yang dijalankan untuk memohon hujan," katanya.

Umat Muslim disarankan melaksanakan sholat istisqa karena hukumnya sunah muakadah saat terjadi kekeringan sebagai salah satu bentuk ikhtiar ditujukan kepada Allah SWT.

"Semoga setelah dilaksanakannya sholat Istisqa ini Kabupaten OKU akan turun hujan sehingga dapat mengatasi kekeringan, terutama bencana karhutla yang marak terjadi sejak beberapa pekan terakhir," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement