Selasa 12 Sep 2023 16:11 WIB

Berdayakan Peternak, Baznas Luncurkan Balai Ternak dan Rumah Kompos PT Ansaf di Bantul

Program Balai Ternak merupakan salah satu program produktif yang diluncurkan Baznas.

Balai ternak merupakan salah satu program Baznas dalam rangka pengentasan kemiskinan.
Foto: Baznas
Balai ternak merupakan salah satu program Baznas dalam rangka pengentasan kemiskinan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Balai ternak merupakan salah satu program Baznas dalam rangka pengentasan kemiskinan di wilayah pedesaan, yang menyasar peternak mustahik sebagai penerima manfaatnya. Komoditas ternak yang dibudidayakan yaitu domba, kambing, sapi, dan ayam broiler.

Simbolisasi peluncuran Balai Ternak Baznas Bantul dan penyerahan bantuan zakat perusahaan berupa Rumah Kompos dari PT Ansaf diselenggarakan di  Kandang Kelompok Ternak Berkah Cerme, Yogyakarta, Selasa (12/9/2023).

Baca Juga

Turut hadir Wakil Ketua Baznas RI, Mokhamad Mahdum, Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, Deputi II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Dr HM Imdadun Rahmat, Pimpinan Baznas Provinsi DIY Dra Hj Puji Astuti, serta Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih.

"Program Balai Ternak ini merupakan salah satu program produktif yang diluncurkan Baznas, yang ditujukan mendorong kemandirian ekonomi peternak mustahik," ujar Wakil Ketua Baznas RI, Mokhamad Mahdum. 

photo
Balai ternak merupakan salah satu program Baznas dalam rangka pengentasan kemiskinan. - (Baznas)

 

Pada program ini, Baznas tak hanya memberikan bantuan modal, namun juga pendampingan dan pelatihan secara berkala agar menjamin kualitas ternak yang dihasilkan. "Baznas ingin menjadikan peternak mustahik lebih mandiri secara ekonomi. Dengan program pemberdayaan ini, diharapkan para mustahik bisa berdiri sendiri di kemudian hari, dan bertransformasi menjadi muzaki," ujarnya. 

Selain itu, kata Mahdum, adanya bantuan Rumah Kompos dari PT Anshaf ini sejalan dengan program Balai Ternak Baznas, nantinya para peternak dapat memanfaatkan kotoran hewan domba diolah menjadi pupuk kompos dan dimanfaatkan sebagai pupuk organik baik padat maupun pupuk organik cair.

Adapun jumlah peternak mustahik Balai Ternak Baznas Bantul ini sebanyak 40 KK, 36 laki-laki dan 4 perempuan. Sementara jumlah populasi ternak per Agustus 2023 sebanyak 271 ekor, dengan rincian 5 ekor pejantan, 82 ekor induk betina, 10 ekor anak jantan, 20 ekor anak betina, 73 ekor bakalan jantan, dan 81 ekor bakalan betina. 

"Mudah-mudahan program Balai Ternak Baznas dan Rumah Kompos dari PT Ansaf ini dapat berjalan dengan baik sehingga para peternak mustahik dapat diberdayakan secara optimal, serta mampu meningkatkan kesejahteraan para peternak. Kita juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh muzaki yang telah menitipkan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) nya melalui Baznas," ucap Mahdum.

Sementara itu, Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih menyambut baik peresmian Balai Ternak Baznas dan Rumah Kompos dari PT Ansaf. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Baznas dan PT Ansaf yang memilih kami sebagai sasaran pengentasan kemiskinan untuk memberdayakan para mustahik khususnya yang berada di Padukuhan Srunggo 2, Kabupaten Bantul," ujar Abdul Halim. 

Abdul Halim berharap, dengan adanya sinergi seluruh pihak akan mampu menjadikan para mustahik ini menjadi muzaki. "Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Baznas Pusat, Baznas DIY, PT Ansaf, dan seluruh pihak atas perhatiannya yang besar dalam upaya pengentasan kemiskinan di wilayah Bantul," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement