Kamis 24 Aug 2023 09:11 WIB

Tingkatkan Pendidikan Mustahik, Baznas Perkuat Kerja Sama dengan Unas

Kerja sama dengan Unas jadi upaya Baznas perkuat SDM

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memperkuat kerja sama dengan Universitas Nasional (UNAS) guna meningkatkan pendidikan mustahik melalui kerja sama program Beasiswa Cendekia Baznas.
Foto: Dok Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memperkuat kerja sama dengan Universitas Nasional (UNAS) guna meningkatkan pendidikan mustahik melalui kerja sama program Beasiswa Cendekia Baznas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memperkuat kerja sama dengan Universitas Nasional (UNAS) guna meningkatkan pendidikan mustahik melalui kerja sama program Beasiswa Cendekia Baznas.

Penguatan kerja sama Baznas dengan UNAS juga ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) oleh Direktur Pendistribusian BAZNAS RI Ahmad Fikri bersama Wakil Rektor Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM Prof. Eko Sugiyanto M.Si, beserta jajaran, di Gedung Baznas, Jakarta, Rabu (23/8/2023).

Direktur Pendistribusian Baznas RI Ahmad Fikri menyampaikan, sinergi dengan UNAS ini merupakan salah satu implementasi kerja sama yang tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) pada Februari lalu dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia unggul untuk memperkuat pengelolaan zakat, infak, sedekah, dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) secara nasional.

"Alhamdulillah, kami merasa bersyukur atas kerja sama ini. Baznas selaku lembaga pemerintah nonstruktural memang sangat membutuhkan mitra-mitra kerja sehingga program kerja Baznas ini secara signifikan dapat dirasakan manfaatnya khususnya oleh mustahik," ujarnya. 

Menurutnya, kapasitas dan kompetensi Baznas adalah mengelola dana ZIS tetapi Baznas membutuhkan profesional-profesional yang menguasai bidangnya. "Kalau bidang pendidikan tentu mitra strategis kita dari kampus-kampus, tenaga pendidik, dan seterusnya, termasuk Universitas Nasional ini." 

Fikri berharap, kerja sama ini dapat terjalin dengan baik, tidak hanya terbatas pada program-program akademik, tetapi juga dapat berkembang melalui berbagai program lainnya, sehingga program-program yang bersumber dari dana zakat pada akhirnya tidak hanya dirasakan manfaatnya di lapangan tetapi bisa terus menerus dikembangkan sehingga masyarakat luas memiliki kesadaran terkait literasi zakat.

Secara terpisah, Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA, menyampaikan apresiasi kepada UNAS yang telah menjadi salah satu mitra strategis beasiswa Baznas pada program Beasiswa Cendekia Baznas Dalam Negeri.

"Semoga kerja sama ini menjadi langkah yang sangat strategis dan memiliki dampak yang luar biasa bagi masyarakat ke depan terutama dalam mengantarkan mustahik menjadi muzaki melalui bidang pendidikan," ujar Saidah. 

Sementara itu, Wakil Rektor Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM Prof. Eko Sugiyanto M.Si, mengucapkan terima kasih karena telah dipercaya untuk mengusulkan mahasiswa-mahasiswa UNAS sehingga mendapatkan beasiswa Baznas. 

"Mudah-mudahan kerja sama ini bisa dapat terus berkembang dan terjalin semakin baik ke depannya," ujar Eko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement