Kamis 27 Jul 2023 21:47 WIB

MUI Jabar Nilai Festival Hijriah Republika Luar Biasa karena Syiarkan Islam

Tahun baru Islam selalu dikaitkan dengan hijrahnya Rasul SAW dari Makkah ke Madinah.

Rep: Arie lukihardianti/ Red: Muhammad Hafil
Habib Husein Jafar di acara Festival Hijrah Republika di Bandung.
Foto: Dok Republika
Habib Husein Jafar di acara Festival Hijrah Republika di Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat sangat mengapresiasi Festival Hijriah yang digelar oleh Republika di Bale Asri Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jawa Barat (Jabar), Kota Bandung, Kamis (27/72023). Menurut Wakil Ketua Umum MUI Jabar, KH Badruzzaman M Yunus, acara ini festival hijriah yang digelar Republika ini adalah acara yang sangat luar biasa. 

"Kenapa saya katakan luar biasa? Karena dalam rangka mensyiarkan Islam, memperingati tahun baru Islam," ujar KH Badruzzaman saat memberikan sambutan di acara Pembukaan Festival Hijriah.

Baca Juga

KH Badruzzaman mengatakan, tahun baru Islam selalu dikaitkan dengan hijrahnya Rasul SAW dari Makkah ke Madinah. Di dalam sejarah islam sendiri, ada 3 perjalanan 3 besar. Di antaranya, Isra Miraj diberangkatkan Rasul SAW yang kemudian mendapaatkan perintah sholat lima waktu dan perjalanan hijrahnya Rasul SAW dari Makkah ke Madinah. 

"Majunya Islam, dimulai dari Madinah sampai dengan ke negara kita. Kami MUI Jabar sangat mendukung acara ini. Karena mensyiarkan Islam," katanya. 

 

Kedua, kata dia, kegiatan ini bisa membuat majunya Islam. Dengan adanya acara ini, bangsa Indonesia pun akan maju lagi. Apalagi, kegiatan Festival Hijriah ini diisi  tiga hal luar biasa. Yakni, ada tausiyah dari Habib Husein Ja'far Al Hadar.

"Habin Husein ini ustadz milenial yang akan memberikan pencerahan pada kaum muda," katanya. 

Kedua, kata dia, adanya kebudayaan dari Tiongkok. Padahal, dipikiran kita Tiongkok tak ada Islam, ternyata di Xinjiang mayoritas Islam.

"Dan kemampuan d bidang seni luar biasa termasuk seni sufinya," katanya. 

Ketiga, kata dia, ada bazar UMKM yang berpartisipasi. Sehingga dari sisi ekonomi juga luar biasa. 

"Kami sangat mengapresiasi Republika yang menggelar acara ini. Bagi kami, Republika sendiri menjadi pengantar dalam menyampaikan gagasan, ide-ide baik pada masyarakat," katanya.

Hal ini, kata dia, sejalan dengan apa yang diperintahkan Rasul SAW, yakni setiap Muslim punya kewajiban menyampaikan yang baik.

"Begitu juga Republika, banyak ide untuk memajukan umat Islam. Peran Republika menyampaikan ke masyarakat. Kami sangat mendukung dan mendoakan Republika bisa lebih maju dan diberkahi oleh Allah SWT," paparnya. 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement