Senin 24 Jul 2023 10:55 WIB

Kisah Mualaf Facchine Tersentuh Akhlak Terpuji Muslim dan Bersyahadat Bersama Kekasih

Perjalanan mualaf Tom Facchine, dari ateis jadi memeluk Islam

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Tom Facchine, mualaf
Foto:

Titik balik lainnya yang membuat ia merasa kecewa adalah kegiatan presentasi yang membawa pesan pro-LGBTQ. Kala itu, Amerika Serikat memang sedang gencar-gencarnya isu seputar hubungan dan pernikahan sesama jenis.

Dari sejumlah pengalamannya ini, ia merasa banyak orang yang menggunakan topeng dan berperilaku sebaliknya. Di satu waktu orang-orang ini berperilaku sangat baik dan seolah sangat religius, tetapi di momen lainnya mereka akan melakukan hal-hal buruk. 

Berdasarkan pengalaman-pengalamannya itu, di usia 16 tahun ia memutuskan untuk tidak beragama dan memiliki ekspektasi yang sangat minim terkait konsep agama dan ketuhanan. "Di usia itu saya memutuskan menjadi ateis dan menganggap semua ini hanya dongeng belaka," kata Facchine melanjutkan.

Terkait pengetahuannya terhadap Islam, ia menyebut pertama kali mendengarnya melalui kejadian 9/11. Kala itu ia menganggap Muslim sebagai sesuatu yang berkaitan dengan politik atau populasi.

Saat itu, peristiwa 11 September menjadi momentum penyuburan Islamfobia. Banyak orang yang mengecam Islam, berprasangka buruk terhadap agama tersebut. Bahkan, yang lebih parah lagi, ada sebagian orang yang menghina konsep Tuhan dan Nabi Muhammad. 

Namun, hal itu tidak menghambat banyak orang untuk memeluk Islam. Meski ada banyak orang menghina Islam, tidak sedikit orang yang kemudian bersimpati dan memeluk Islam hingga detik ini.

Dalam situasi demikian, Facchine baru memahami dan belajar tentang Islam dan Muslim ketika menginjakkan kaki di bangku perguruan tinggi. Salah satu profesor yang mengajar adalah Muslim dan si dosen itu mengenalkan Islam kepada Facchine.

Facchine mengambil pendidikan ilmu politik semasa kuliah, dengan fokus pada hubungan internasional. Profesor yang dimaksud berasal dari Maroko dan kerap membagikan ilmunya perihal Islam dan politik. Hal-hal seperti ini membuatnya semakin tertarik dan ingin mengetahuinya lebih dalam.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement