Senin 17 Jul 2023 05:51 WIB

Alasan Green Jadi Mualaf: Tak Puas dengan Konsep Tuhan yang Diajarkan Sejak Kecil

Green kini menjadi seorang mualaf yang aktif dalam kegiataan Islam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Abdur Raheem Green, seorang Inggris yang telah menjadi mualaf
Foto: muslimvideo
Abdur Raheem Green, seorang Inggris yang telah menjadi mualaf

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Abdur-Raheem Green tampak seperti karakter film Hollywood Ben Hur. Dia memiliki perawakan berambut pirang, bermata hijau dan berusia paruh baya. 

Orang Inggris kelahiran Tanzania itu memeluk Islam pada 1988 dan telah menjadi praktisi dakwah di Inggris sejak saat itu. Pertemuan Green dengan Islam terjadi di Mesir, di mana dia menghabiskan sebagian besar liburannya. Dia sempat memberi kuliah di Bangalore pada awal Oktober tentang “Wahyu Terakhir Tuhan".

Baca Juga

Dilansir di About Islam, beberapa waktu lalu, ia pun membagikan kisahnya hingga memeluk Islam dan pengalamannya selama ini. Green lahir dari orang tua Inggris di Darussalam, Tanzania, pada 1964. Ayahnya, Gavin Green, adalah seorang administrator kolonial di kerajaan Inggris yang masih ada, yang mana kemudian bergabung dengan Barclays Bank pada 1976 dan dikirim ke Mesir untuk mendirikan Bank Barclays Mesir.

Green mengenyam pendidikan di Sekolah Agama yang dia anut sebelumnya di Ampleforth College, dan melanjutkan studi sejarah di Universitas London. Namun, ia meninggalkan pendidikannya sebelum selesai.

Saat ini, ia bekerja dengan sebuah perusahaan media Islam di Inggris dan terlibat dalam kegiatan dakwah. Termasuk di antaranya adalah melakukan ceramah tentang Islam di Hyde Park yang terkenal di London.

Apa yang membuatmu tidak mendapatkan gelar?

Saya benar-benar kecewa dengan sistem pendidikan Inggris. Itu benar-benar Eurosentris dan memproyeksikan sejarah dunia dengan cara yang menunjukkan peradaban dapat mencapai kejayaan penuh dan puncaknya di Eropa.

Di Mesir, saya melihat beberapa reruntuhan megah yang hanya dapat diakses oleh para arkeolog. Saya menemukan interpretasi Barat tentang sejarah benar-benar keliru.

Saya memulai studi pribadi tentang sejarah orang lain di dunia, berbagai kitab suci dan filsafat. Saya berlatih agama (yang muncul di Asia Selatan) selama hampir tiga tahun meskipun tidak pernah secara formal memeluknya.

Mempelajari Alquran langsung menarik minat saya. Pesannya memiliki daya tarik magis dan saya semakin yakin bahwa itu adalah wahyu ilahi. Saya percaya hanya Allah yang membimbing saya, tidak ada yang lain. Saya tidak tahu apa yang membuat saya pantas mendapatkan Islam.

 

Tapi adakah hal spesifik yang menarik bagi Anda?

Saya tidak puas dengan agama (yang saya anut) sejak usia delapan tahun. Konsep yang mereka ajarkan kepada kami melalui sajak.

Di satu sisi, mereka menggambarkan Tuhan itu kekal dan tak terbatas, tapi mereka tidak merasa menyesal dalam menganggap kelahiran Tuhan dari rahim (Seorang wanita). Ini membuat saya berpikir bahwa (wanita itu) pasti lebih besar dari Tuhan.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement