Rabu 12 Jul 2023 10:17 WIB

Turki dan Pakistan Ajak Dunia Bersuara Menentang Kebencian Anti-Muslim

Segala bentuk penghinaan terhadap kitab suci mana pun bertentangan dengan perdamaian.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Umat muslim melakukan aksi unjuk rasa di Jakarta, Ahad (2/7/2023). Aksi unjuk rasa ini sebagai bentuk protes terhadap Swedia atas peristiwa pembakaran Alquran di Stockholm.
Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Umat muslim melakukan aksi unjuk rasa di Jakarta, Ahad (2/7/2023). Aksi unjuk rasa ini sebagai bentuk protes terhadap Swedia atas peristiwa pembakaran Alquran di Stockholm.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Turki dan Pakistan meminta dunia mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah serangan anti-Muslim, termasuk penodaan Alquran. Di sisi lain, Dewan Hak Asasi Manusia PBB tengah bersidang, membahas langkah-langkah yang harus diambil setelah insiden serupa berulang.

Pada sesi mendesak tentang Tindakan Kebencian Agama di Dewan Hak Asasi Manusia PBB, melalui pesan videonya Wakil Menteri Luar Negeri Turki Yasin Ekrem Serim mengatakan sangat mengutuk pembakaran Alquran di depan umum baru-baru ini. Aksi tersebut merupakan manifestasi jelas dari pertumbuhan kebencian agama.

Baca Juga

Ia juga menyebut segala bentuk penghinaan terhadap kitab suci mana pun bertentangan dengan prinsip toleransi, perdamaian sosial, serta penghormatan terhadap martabat manusia.

“Kebebasan berekspresi adalah landasan masyarakat, tetapi tidak dapat disalahgunakan untuk menyebarkan kebencian. Tidak dapat diterima untuk mengizinkan tindakan ini (pembakaran Alquran), atas dasar kebebasan berekspresi. Kami meminta semua otoritas mengambil tindakan yang diperlukan terhadap pelaku tindakan ini dan mencegah terulangnya kejadian seperti itu,” kata dia, dikutip di Daily Sabah, Rabu (12/7/2023).

Serim menambahkan Turki dengan populasi mayoritas Muslim dan sebagai anggota dan mitra dari semua organisasi Barat, seperti Dewan Eropa, NATO, juga kandidat Uni Eropa akan terus mendukung inisiatif melawan sentimen anti-Islam.

Ia lantas menegaskan kembali komitmen Turki untuk...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement