Jumat 07 Jul 2023 17:14 WIB

Aman Palestin Bangun RS Mental Pertama di Gaza

Sebanyak 98 persen anak-anak di Gaza, Palestina, alami PTSD setelah perang.

Aman Palestin memiliki kesempatan untuk membangun Rumah Sakit Mental pertama di Gaza, Palestina.
Foto: Dok. Aman Palestin
Aman Palestin memiliki kesempatan untuk membangun Rumah Sakit Mental pertama di Gaza, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konflik lama antara Palestina dengan Israel tentunya sudah bukan menjadi rahasia umum. Penjajahan Israel atas wilayah Palestina menjadi satu hal krusial, terutama terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Hal tersebut dikarenakan Israel dengan jelas mencaplok wilayah resmi milik Palestina, bahkan sampai berani membunuh dan menyerang masyarakatnya.

Konflik berkepanjangan, perang yang tak kunjung usai, kelaparan, kemiskinan dan berbagai hal lain dialami masyarakat Palestina akibat dari penjajahan yang dilakukan Israel hingga saat ini. Maka tak jarang, masyarakat Palestina dari anak-anak hingga dewasa mengalami kekalutan mental dan depresi. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal Program Kesehatan Mental Gaza, Dr Yasser Abu Jameh.

Baca Juga

Kementerian Kesehatan Palestina juga mengatakan bahwa delapan dari sepuluh anak yang tinggal di Jalur Gaza menderita tekanan psikologis dan gangguan mental. Sebanyak 98 persen anak-anak di Gaza mengalami PTSD (Post Traumatic Disorder) setelah perang yang terjadi di Gaza pada tahun 2008.

Pentingnya kesehatan tentunya memiliki kategori yang beragam. Setelah fokus dalam memberikan bantuan kesehatan berupa alat medis, makanan dan lain sebagainya, Aman Palestin memiliki kesempatan untuk membangun Rumah Sakit Mental pertama yang akan dibangun di Gaza, Palestina.

 

Banyaknya masyarakat Palestina yang mengalami kekalutan mental, masalah psikologis, kecanduan dan depresi karena perang berkepanjangan tentunya menjadi masalah yang harus diselesaikan agar bisa memberikan kebaikan dan kebahagiaan untuk masyarakat Palestina.

Maka dari itu, Aman Palestin sedang dalam tahap membangun Rumah Sakit Mental pertama di Gaza, Palestina. Uniknya, Rumah Sakit Mental ini akan didirikan di daerah pesisir karena memperhitungkan ruang hijau dan keragaman arsitektur yang sesuai dengan abad ini. 

Hingga saat ini, Rumah Sakit Mental yang Aman Palestin bangun masih dalam tahap pembangunan. Didirikannya Rumah Sakit Mental untuk masyarakat Palestina ini diharapkan dapat berjalan lancar dan maksimal, agar masyarakat setempat juga bisa merasakan manfaatnya sesegera mungkin.

Bagi yang ingin berdonasi untuk ikut serta menyukseskan pendirian Rumah Sakit Mental pertama di Gaza, Palestina dapat dikirimkan melalui laman instagram resmi Aman Palestin Indonesia di @amanpalestin_id atau mengunjungi website resminya www.donasi.amanpalestin.id.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement