Selasa 04 Jul 2023 14:57 WIB

Aman Palestin Sukses Laksanakan Kurban di Palestina

Penerima manfaat Program Kurban di Bumi Para Nabi capai puluhan ribu.

Staf Aman Palestin bersama penerima manfaat kurban di Gaza, Palestina.
Foto: Dok. Aman Palestin
Staf Aman Palestin bersama penerima manfaat kurban di Gaza, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Walau sudah terlalui, gema Idul Adha masih terasa pada bulan Dzulhijah ini. Tidak heran jika spirit merekatkan tali persaudaraan antarumat serta upaya saling berbagi masih berlangsung demi ketakwaan kepada Allah SWT.

photo
Penyembelihan hewan kurban di Yerusalem oleh staf Aman Palestin. - (Dok. Aman Palestin)

Alhamdulillah, salah satu NGO bernama Aman Palestin sukses dengan agenda pelaksanaan kurban, yang mengusung tema ‘Kurban di Bumi Para Nabi’. Pelaksanaan kurban Aman Palestin dilakukan di tiga wilayah, yaitu Yerusalem, Gaza dan Tepi Barat.

photo
Proses penyembelihan hewan kurban di Tepi Barat, Palestina. - (Dok. Aman Palestin)

Aman Palestin berhasil menyembelih anak sapi dan domba di wilayah Yerusalem. Dalam rangka menyukseskan agenda ‘Kurban di Bumi Para Nabi’, sebanyak 10 sapi dan 20 ekor domba disembelih sesuai dengan syariat Islam. Penyembelihan hewan kurban tersebut didampingi oleh dokter hewan, agar penyembelihan sesuai dengan ketentuan dan baik untuk dikonsumsi manusia.

Jumlah penerima manfaat kurban di wilayah Yerusalem sebanyak 1.970 keluarga, dengan total biaya 50 ribu Dolar US. Aman Palestin menargetkan penerima kurban untuk keluarga miskin, termasuk anak yatim, janda, dan keluarga yang membutuhkan.

 

Berbeda dengan di Yerusalem, jumlah hewan kurban kategori domba yang disembelih di wilayah Tepi Barat lebih banyak dibandingkan Yerusalem. Penyembelihan domba di Yerusalem sebanyak 20 domba, sementara di Tepi Barat sebanyak 40 domba.

Namun, jumlah sapi yang disembelih di kedua wilayah tersebut sama, yaitu 10 sapi. Adapun jumlah penerima manfaat kurban di wilayah Tepi Barat sebanyak 1.575 keluarga yang juga termasuk janda, anak yatim, dan keluarga tidak mampu. Jumlah total kurban di Tepi Barat sebanyak 50 ribu US dolar.

Selain di Yerusalem dan Tepi Barat, proyek kurban Aman Palestin juga dilakukan untuk wilayah Gaza. Kurban di wilayah Gaza lebih banyak dibandingkan Yerusalem dan Tepi Barat. Penyembelihan sapi di Gaza sebanyak 65 sapi dan 126 domba.

Penerima manfaat kurban di wilayah Gaza juga lebih tinggi dibandingkan dua wilayah sebelumnya, yaitu sebanyak 13.208 keluarga dengan total biaya 200 ribu dolar US. Aman Palestin juga tentunya menargetkan keluarga miskin, janda, anak yatim dan orang yang membutuhkan sebagai penerima kurban.

Aman Palestin mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah banyak memberikan bantuan dalam proyek ‘Kurban di Bumi Para Nabi’ tahun ini. Bantuan-bantuan untuk Palestina tentunya akan terus berjalan, bukan hanya saat Idul Adha.

Anda bisa berdonasi secara online melalui Instagram resmi Aman Palestin Indonesia di @amanpalestin_id atau menghubungi website resminya di www.donasi.amanpalestin.id

Raih keberkahan bersedekah bersama Aman Palestin Indonesia!

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement