Ahad 02 Jul 2023 05:42 WIB

Jalan Hidayah Mualaf Yusuf tak Terduga, Menjatuhkan Buku Biografi Rasulullah SAW di Toko

Mualaf Yusuf Derbeshyre terpikat dengan biografi Nabi Muhammad SAW

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Mualaf Yusuf. Mualaf Yusuf Derbeshyre terpikat dengan biografi Nabi Muhammad SAW
Foto:

Diberi Anak Perempuan

Setelah pulang ke tanah air, dia pun berharap istrinya yang sedang hamil dapat melahirkan dengan selamat dan sehat. Jika anak yang dilahirkannya seorang pria, Yusuf akan memberi nama anaknya dengan nama paman Nabi, Hamzah.

Ternyata istrinya melahirkan seorang bayi perempuan dan diberi nama Safiyyah. Nama ini diambil dari nama bibi Nabi SAW yang juga wanita yang termasuk golongan pertama memeluk Islam.

Tak hanya nama kerabat Nabi Muhammad, Safiyyah pun memiliki kisahnya sendiri. Yusuf tidak ingin sekadar ikut-ikutan memberi nama anaknya dengan nama kerabat Nabi SAW.

Baca Juga: Terpikat Islam Sejak Belia, Mualaf Adrianus: Jawaban Atas Keraguan Saya Selama Ini

Dia merasa frustrasi karena dia ingin memahami secara perinci kisah hidup Safiyyah sama seperti paman Nabi, Hamzah. Dia pun bertanya dan berselancar di dunia maya. Namun, tidak menemukan apa pun.

Dia pun kembali mencari ke toko buku dan menemukan sebuah buku yang mengisahkan tentang Perang Uhud. Tepatnya dalam kisah pemakaman mereka yang wafat saat Perang Uhud.

"Itu baru saja dibuka di sana, dan berbicara tentang mereka akan membungkus para korban Muslim dan menguburkan mereka," ujar dia.

Kemudian buku itu mulai bercerita tentang saudara perempuan Hamzah, datang dengan membawa dua helai kain. Dan saudara perempuan Hamzah dikenal dengan nama Safiyyah.

Safiyyah berusia sekitar 56 tahun. Bersama wanita muslimin lainnya, Safiyyah merawat mujahid yang terluka, mengambilkan air untuk minum, hingga berperan memperbaiki panah yang rusak. Bahkan, dia berani memenggal kepala seorang Yahudi musuh Islam di saat seorang sahabat Nabi SAW tidak berani memenggalnya.

 

Sumber: aboutislam 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement