Rabu 21 Jun 2023 12:01 WIB

Langkah Pertama Sebagai Mualaf, Apa itu?

Menjadi mualaf merupakan jalan mendapatkan hidayah Allah.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi mualaf belajar baca Alquran.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi mualaf belajar baca Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang Mualaf asal AS Theresa Corbin Berbagi tips langkah pertamanya ketika menjadi mualaf.

Dilansir di About Islam, dia menemukannya dalam buju Mogahed. Namun apa yang ditemukan di antara sampul buku Mogahed tidak lebih dari retorika yang sama dan kata-kata kosong, tetapi pemahaman praktis tentang bagaimana hati bekerja dan bagaimana kita harus menjaganya dan memperlakukannya.

Baca Juga

"Saya menyadari proses merebut kembali hati ini seharusnya menjadi hal pertama yang saya lakukan ketika saya masuk Islam,"ujar dia.

Ketika dia mengucapkan syahadat sepertinya ada sejuta hal yang perlu dia pelajari dan lakukan lalu mengubah semuanya sekaligus.

 

Muncul pertanyaan yang tampaknya seperti bintang-bintang dan dia ingin memulai dengan cara yang benar. Namun melihat ke belakang, dia menyadari hanya ada satu hal yang harus dia fokuskan dalam beberapa hari, pekan, dan bahkan bulan yakni hati sebagai sumber iman.

Pertama, niat

Sebagian besar mualaf sering diberitahu bahwa untuk menjalani cara hidup Islami mereka harus mulai dengan ekspresi lahiriah seperti berpakaian lebih sopan dan atau menumbuhkan janggut. Dan kita harus belajar menjaga kesopanan kita seperti yang Allah perintahkan. Namun seringkali orang (muslim baru dan komunitas) terlalu fokus pada penampilan dan lupa bahwa menata hati harus didahulukan.

Tanpa...Lihat halaman berikutnya >>>

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement