Sabtu 17 Jun 2023 06:02 WIB

Bahtsul Masail NU Jabar Hukumi Haram Nyanyikan Lagu Havenu Shalom Alaichem

Lagu Havenu Shalom Alaichem dinyanyikan di Pesantren Al Zaytun.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
 Bahtsul Masail NU Jabar Hukumi Haram Nyanyikan Lagu Havenu Shalom Alaichem. Foto:  Kompleks Pondok Pesantren Az Zaytun.
Foto: Republika.co.id
Bahtsul Masail NU Jabar Hukumi Haram Nyanyikan Lagu Havenu Shalom Alaichem. Foto: Kompleks Pondok Pesantren Az Zaytun.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Salah satu kontroversi dari Pesantren Al Zaytun adalah saat perayaan 1 Muharram di pondok pesantren. Di mana pimpinan pesantren yaknj Panji Gumilang dalam sambutannya mengajak para undangan dan para santri untuk bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan umat Yahudi berjudul Havenu Shalom Alaichem.

Lembaga Bahtsul Masail  (LBM) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat baru-baru ini menggelar Bahtsul Masail di Pondok Pesantren Hidayatut Tholibin di Indramayu. Bahtsul Masail tersebut mengangkat tema seputar kontroversi penyimpangan ajaran di pondok pesantren Al Zaytun di Indramayu, Jawa Barat.

Baca Juga

Agenda Bahtsul Masail menghadirkan mushohih yakni KH Ubaidillah Harits, KH Juhadi Muhammad, KH Ahmad Baidhowi, KH Ahmad Yazid Fattah, KH Ghufroni Masyhuda, KH Masqsudi Marfu, Kh Abu Bakar Sidiq, dan KH Mutohar.

Sedangkan perumus adalah KH Zaenal Mufid, KH Umar Faruq, K Khozinatul Asror, K M Mubasysyarum, KH MNA Syamil Mumtaz, K Abdul Hamid, K Afif Yahya Azis.

Salah satu yang dibahas adalah soal menyanyikan lagu Havenu Shalom Alechem tersebut bagi umat Islam. Menurut Bahtsul Masail, menyanyikan lagu umat agama lain bila dikaji dari segi kemunculan dan penggunaannya juga dihukumi haram, karena dianggap menyerupai dan mensyiarkan tradisi agama lain, mengajarkan doktrin yang dapat berpotensi hilangnya konstitusi syariat perihal fikih “Mengucapkan salam” kepada non muslim.

Beberapa waktu lalu, ajakan pendiri Ma'had Al-Zaytun, Panji Gumilang, untuk menyanyikan salam ala Yahudi, havenu shalom aleichem, kembali viral di media sosial.

Dalam cuplikan video yang ditayangkan akun Youtube Al-Zaytun Official, Panji Gumilang tidak sekadar mengajak para peserta untuk membaca assalamualaikum, tetapi juga membaca salam sambil bernyanyi. Acara tersebut terjadi untuk merayakan peringatan awal tahun 1444 Hijriyah.

"Saya mengajak saudara untuk mengucap salam yang tidak assalamualaikum saja, (tapi) sambil kita bernyanyi. Saya rasa yang hadir walaupun tidak terlalu pandai saya rasa bisa bernyanyi. Kita ucapkan pada sahabat kita, havenu shalom aleichem."

photo
Infografis Al Zaytun - (Dok Republika)

MUI Jabar bentuk tim khusus ... 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement