Kamis 15 Jun 2023 03:40 WIB

Dispertan Garut Kolaborasi dengan Baznas Kembangkan Komoditas Jagung

Kabupaten Garut memiliki potensi komoditas jagung dengan luas lahan 71.600 hektare.

Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Jawa Barat berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengembangkan komoditas jagung.
Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Jawa Barat berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengembangkan komoditas jagung.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Jawa Barat, berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengembangkan komoditas jagung dalam rangka meningkatkan produktivitas, sekaligus memberdayakan masyarakat petani setempat.

"Baru berjalan tahun kemarin, dan ini merupakan salah satu role model pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh pihak Baznas," kata Kepala Bidang Sarana Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan pada Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Garut Ardhy Firdian di Garut, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga

Ia menuturkan Kabupaten Garut memiliki potensi komoditas jagung dengan luas lahan 71.600 hektare dengan produktivitas rata-rata sebanyak 550 ribu ton per tahun sehingga menjadi kabupaten pemasok terbesar di Provinsi Jawa Barat.

Potensi jagung di Garut itu, kata dia, selama ini terus diperluas areal tanamnya agar produksinya meningkat, salah satunya dilakukan kerja sama dengan Baznas maupun perusahaan seperti yang sudah berjalan di Kecamatan Banjarwangi.

"Kalau yang di Banjarwangi intinya adalah program Zakat Circle dengan mengembangkan jagung sebagai komoditas yang diusahakan, hasil produksinya nanti diperhitungkan, untuk zakatnya dan nanti akan digulirkan kepada petani lain yang membutuhkan," kata Ardhy.

Ia menyampaikan program kerja sama komoditas jagung itu dilakukan di lahan seluas 50 hektare dengan perkiraan produktivitas sebesar 7 sampai 8 ton per hektare.

Sistem kolaborasi yang dilakukan itu, kata dia, yakni Dispertan Garut menyediakan pendampingan dan pengawalan teknis di lapangan, kemudian Baznas menyediakan pembiayaan dan dari perusahaan PT Restu Agropro Jayamas penyuplai benih jagung R7.

Dinas Pertanian Garut, kata dia, menyambut baik program kolaborasi itu karena telah menambah luas tanam komoditas jagung, sekaligus bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik.

"Dinas sangat mengapresiasi dan mendukung apa yang sudah dilaksanakan oleh Baznas pusat melalui Baznas kabupaten untuk sama-sama mendukung program peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani di Kabupaten Garut," katanya.

Pendamping program Lumbung Pangan Baznas Desa Mulyajaya, Rudi Abdul Gani mengatakan, masyarakat kelompok tani menyambut antusias untuk melakukan kegiatan menanam komoditas jagung yang saat ini baru dimulai oleh mereka dengan jagung varietas R7 jenis Gold.

Menurut dia, program menanam benih jagung R7 di area lahan warga Desa Mulyajaya telah memberikan harapan baru untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya menjadi lebih baik.

"Kebetulan semua kelompok tani jagung di Desa Mulyajaya baru menanam jagung, dan ternyata optimisme mereka langsung terbangun. Kami juga terus berikan pendampingan agar potensi jagung mereka optimal," katanya.

Salah seorang anggota Kelompok Tani Mentari Pagi, Aef, mengatakan baru pertama menanam jagung varietas R7 yang hasilnya cukup memuaskan pada panen perdana sekitar 10 ton per 1,5 hektare.

"Pertumbuhan bibit jagung cukup baik, target saya bisa tembus sekitar 10 ton di area tanam 1,5 hektare" kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement