Sabtu 10 Jun 2023 09:47 WIB

Baznas Resmikan Kantor Baru di Riau

Kantor Baznas Riau diharapkan bisa mendongkrak kinerja memaksimalkan potensi zakat.

BAZNAS meresmikan kantor baru di Provinsi Riau.
Foto: Dok. BAZNAS
BAZNAS meresmikan kantor baru di Provinsi Riau.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI Prof Dr KH Noor Achmad bersama Gubernur Riau Syamsuar meresmikan secara langsung kantor BAZNAS Provinsi Riau, Jumat (9/6/2023). Noor Achmad menyebutkan, dengan adanya gedung baru ini, diharapkan dapat mendorong kinerja BAZNAS Riau untuk memaksimalkan potensi zakat, infak, dan sedekah. 

"Besar harapan kami agar gedung baru ini dapat menjadikan BAZNAS Riau terus bergerak maju, seperti yang selama ini dilakukan. Selain itu, dapat pula membantu program pengentasan kemiskinan di Riau, dengan bersinergi dengan Pemprov Riau," kata Noor, dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/6/2023). 

Baca Juga

Ia mengungkapkan, berdasarkan kajian dari pusat, potensi zakat se-Provinsi Riau sebesar Rp7 triliun. Tentunya angka ini besar sekali, sehingga menurutnya untuk mengejar target BAZNAS sebesar Rp50 miliar masih sangat memungkinkan. 

"Dengan adanya kantor baru dan fasilitas yang memadai ini diharapkan BAZNAS Riau dapat mengejar target zakat yang sudah ditetapkan. Terima kasih Pak Gubernur sudah memberikan tanah yang cukup luas dan fasilitas yang memadai juga kantor yang cukup representatif, sehingga BAZNAS Riau akan bisa bekerja lebih baik lagi," kata Noor Achmad.

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar berharap dengan adanya gedung tersebut, BAZNAS Riau bisa lebih baik dalam bekerja, serta membantu program-program Pemerintah Provinsi Riau.

"Kami juga mengharapkan dukungan dari BAZNAS Riau dan Kabupaten/Kota agar kemiskinan masyarakat esktrem ini berkurang dan mengatasi permasalahan stunting. Selamat kepada BAZNAS Provinsi Riau, semoga dapat menambah semangat guna meningkatkan kinerja di masa yang akan datang," ucapnya.

"Hari ini kita memberikan fasilitas kantor untuk BAZNAS Provinsi Riau sekaligus juga rumah singgah, di mana rumah singgah ini digunakan untuk kaum dhuafa dari daerah-daerah yang tidak punya keluarga di Pekanbaru," katanya. 

Pada peresmian kantor dan rumah singgah tersebut juga dilaksanakan pembukaan tirai dan peninjauan rumah singgah, serta peluncuran mobil ambulans dan armada BAZNAS Tanggap Bencana.

Melalui peresmian kantor dan rumah singgah BAZNAS Provinsi Riau ini, diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu dari luar daerah dan sekitar, baik dalam mempersiapkan rumah atau tempat tinggal sekaligus membantu transportasi untuk berobat ke Rumah Sakit Arifin Achmad Provinsi Riau dengan ambulans yang disediakan oleh BAZNAS Riau. 

"Sudah ada ambulans yang sudah disiapkan oleh BAZNAS Riau sekaligus fasilitas untuk masyarakat kita berobat," ujar Syamsuar. 

Pada peresmian kantor ini juga diberikan bantuan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa (PEMD) sebanyak Rp750 juta kepada 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau dengan total Rp9 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement