Ahad 11 Jun 2023 04:45 WIB

Kurban BMH Jangkau Daerah Pelosok Hingga Luar Negeri

BMH bermitra dengan para dai yang punya binaan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menyelenggarakan konferensi pers di Kampung Mualaf Baduy, Desa Cibungur, Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Sabtu (10/6/2023).
Foto: Republika/Umar Mukhtar
Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menyelenggarakan konferensi pers di Kampung Mualaf Baduy, Desa Cibungur, Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Sabtu (10/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,BANTEN -- Direktur Utama Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Supendi menyampaikan, BMH pada Idul Kurban tahun ini akan menyalurkan hewan kurban ke berbagai pelosok wilayah di Indonesia serta ke sejumlah negara di Afrika dan Asia.

Supendi menjelaskan, BMH dalam pelaksanaan kurban di berbagai daerah pelosok melibatkan Dai Tangguh yang punya masyarakat binaan. Melalui jaringan dai tersebut, BMH akan mengirimkan hewan kurban ke berbagai daerah pelosok yang jarang atau bahkan belum pernah menjadi penerima manfaat BMH.

Baca Juga

"Kita juga bermitra dengan para dai yang punya binaan. Misalnya di Baduy ini sebelum ada BMH hampir tidak ada kurban, dan setelah ada BMH, mereka dan warga kampung sekitar mendapat keberkahan dari kurban," tuturnya di Desa Cibungur, Leuwidamar, Lebak, Banten, Sabtu (10/6/2023).

Supendi menjelaskan, BMH melibatkan para dai bukan hanya sebagai mitra penyaluran tetapi juga sebagai mitra pengadaan. Para dai berperan menjadi perpanjangan tangan BMH untuk melakukan pengadaan hewan kurban sekaligus penanggungjawab pelaksanaan kurban di daerahnya.

"Mereka bukan sekadar melaksanakan tetapi juga mitra. Maka kurban kita itu dari jauh-jauh hari kita siapkan," tuturnya.

Supendi juga menyampaikan, BMH juga akan mengirimkan hewan kurban ke sejumlah negara melalui kerja sama dengan mitranya, Al-Khair Foundation. Negara-negara yang akan menerima hewan kurban BMH di antaranya Kenya, Uganda, Somalia, Myanmar (Muslim Rohingya), dan beberapa negara lain.

"Kita punya mitra di luar negeri, baik di Afrika maupun di Myanmar. Salah satunya Al-Khair Foundation. Kami juga mendalami agar punya peluang untuk mengirim kurban ke negara-negara ASEAN, seperti Timor Leste, dan para Muslim Moro di Filipina," tambahnya.

Pilihan hewan kurban yang ditawarkan BMH pun beragam. Ada yang dimulai dari harga termurah hingga harga premium. Pekurban juga bisa memilih wilayahnya mau didistribusikan ke daerah mana, dari Sabang sampai Merauke, serta luar negeri," katanya.

Adapun target hewan kurban BMH pada tahun ini, kata Supendi, yaitu sebanyak 16.100 ekor hewan ternak. "Saya mengajak umat Muslim agar bersama-sama berkurban sekaligus untuk menyebarkan kebaikan sehingga bisa dirasakan oleh berbagai kalangan masyarakat," jelasnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement