Jumat 02 Jun 2023 06:58 WIB

Presiden AS Joe Biden Terjatuh Saat di Atas Panggung

Joe Biden dibantu oleh seorang perwira Angkatan Udara dan 2 orang secret service.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Erdy Nasrul
Presiden AS Joe Biden berjalan di Halaman Selatan Gedung Putih, sebelum keberangkatannya ke Valhalla, New York, di Washington, DC, AS, Rabu (10/5/2023).
Foto:

Dokter pribadi Biden Kevin O'Connor mengatakan setelah pemeriksaan fisik terbaru presiden pada Februari, bahwa Biden tetap sehat. Sebagai pria berusia 80 tahun, dia dinilai masih kuat dan mampu menjalankan tugas kepresidenan dengan sukses.

Biden jauh dari tokoh politik nasional AS pertama yang tersandung di depan umum. Sebelum Biden, beberapa presiden hanya tersandung atau momen itu bukan di hadapan banyak orang. Presiden Gerald Ford jatuh saat berjalan dari Air Force One pada 1975. Presiden Barack Obama tersandung menaiki tangga ke panggung di acara 2012. "Saya sangat bersemangat, saya melewatkan satu tangga," katanya kepada orang banyak.

Tapi, isu kesehatan tidak hanya menimpa Biden. Presiden Donald Trump pun mendapatkan perhatian yang sama, terlebih lagi saat terlihat berhati-hati ketika berjalan menuruni tanjakan di pembukaan West Point 2020.

Pria berusia 76 tahun itu sedang berkampanye di Iowa ketika mendengar tentang kesalahan Biden dan menyinggung episodenya sendiri. “Dia benar-benar jatuh? Saya harap dia tidak terluka,” kata Trump setelah seorang penonton memberi tahunya.

“Semuanya gila. Anda harus berhati-hati tentang itu ... karena Anda tidak menginginkannya, bahkan jika Anda harus berjingkat menuruni tanjakan," ujar Trump.

Penonton tertawa ketika Trump menceritakan perlahan-lahan berjalan menuruni jalan licin di kelulusan Akademi Militer AS. “Kalau dia jatuh, sayang sekali,” kata mantan presiden itu.

 

“Kita harus mengembalikan benda ini ke jalurnya. Itu tempat yang buruk untuk jatuh saat Anda membuatnya, saya pikir itu adalah Akademi Angkatan Udara, bukan? Itu tidak menginspirasi," ujar Trump. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement