Jumat 26 May 2023 06:52 WIB

Umroh dan Kerja Makin Mudah, Arab Saudi Keluarkan E-Visa untuk WNI

E-visa Saudi akan menjadi bukti perjalanan dan izin masuk ke negara tersebut.

Kebijakan yang dikeluarkam Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengeluarkan elekronik visa (e-visa) telah berjalan sejak musim haji 2018.
Foto:

Perusahaan Travel Umroh Sambut Gembira

Kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang akan mengganti stiker visa dengan visa elektronik atau e-visa dinilai akan semakin memudahkan jamaah umroh.

Pengusaha Penyelenggara Perjalanan Umrah (PPIU) Taqwa Tours Rafiq Jauhari merespons baik kebijakan terbaru Kerajaan Arab Saudi soal e-visa. Ia mengatakan akan mendukung kebijakan tersebut yang akan memudahkan jamaah dalam melaksanakan umroh. 

"Pemberlakuan e-visa ini memang sedang diperbincangkan oleh kami selaku pengelola travel haji dan umroh. Secara umum kami mendukung ini karena akan memudahkan proses penerbitan visa," kata Rafiq kepada Republika.co.id, Jumat (5/05/2023). 

Bahkan Rafiq mengatakan kebijakan Arab Saudi sebelumnya tentang aplikasi biometrik untuk pengajuan visa, juga dinilai tidak terlalu merepotkan setelah ia mencoba mengoperasikan. Ia berharap kebijakan baru tentang e-visa tidak membuat jamaah harus mengeluarkan biaya lebih. 

"Kalau memang hal ini dapat memudahkan jamaah, tentu kami sangat mendukung," katanya. 

Dilansir di Al-Arabiya pada Jumat (5/5/2023), Kementerian Saudi mengatakan inisiatif baru untuk menggunakan e-visa dengan kode QR mulai berlaku pada 1 Mei untuk Kerajaan di Uni Emirat Arab, Yordania, Mesir, Bangladesh, India, Filipina, dan Indonesia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement