Senin 22 May 2023 13:19 WIB

Wapres: Universalitas Agama Jadi Inspirasi Kemajuan Budaya dan Peradaban

Meski diselewengkan untuk konflik, agama juga benih ilmu dan perdamaian.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Erdy Nasrul
Wapres Maruf Amin berbicara tentang agama menjadi inspirasi budaya dan peradaban.
Foto:

Selain itu, dalam membangun peradaban yang berlandaskan nilai-nilai universal agama juga peran ilmu pengetahuan (sains) sangat penting. Karena itu, perlu juga mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kiai Ma'ruf juga menegaskan posisi bangsa Indonesia yang tidak hanya berfokus pada kepentingan nasional, tetapi semakin berkontribusi besar bagi perdamaian dan kemajuan peradaban dunia.

Sebagai salah satu negara yang memiliki umat Islam terbesar di dunia, Indonesia juga terus mendorong diplomasi Islam Wasathiyyah, Islam yang rahmatan lil ‘alamin bagi dunia internasional.

"Karena itu kita menjaga dari paham-paham yang menyimpang, dari paham atau fatwa yang menyeleneh dan juga yang keras, dari cara berpikir yang seperti itu dalam rangka menjaga islam wasathiyah," ujarnya.

Selain itu, Indonesia juga turut mendorong penyelesaian konflik di beberapa negara, termasuk aktif dalam mengirimkan misi penjaga perdamaian dan misi kemanusiaan di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa. Langkah diplomasi perdamaian kata Kiai Ma\'ruf, telah menjadi nafas dan jiwa bangsa yang diamanatkan dalam Konstitusi UUD 1945, yakni untuk ikut serta dalam mewujudkan perdamaian dunia.

 

"Saya berharap Konferensi Internasional ini dapat melahirkan kesepakatan dan rekomendasi yang akan semakin meneguhkan posisi umat Islam dalam kancah internasional demi terwujudnya perdamaian dan tegaknya kemanusiaan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement