Kamis 18 May 2023 12:50 WIB

Kritik Keterputusan Garis Keturunan Para Habib Indonesia dan Berangnya Bahar Bin Smith 

Penelitian menunjukkan terputusnya garis keturunan sejumlah habib di Indonesia

Rep: Muhyiddin, Shabrina Zakaria  / Red: Nashih Nashrullah
DNA. Ilustrasi. Penelitian menunjukkan terputusnya garis keturunan sejumlah habib di Indonesia
Foto:

Bahkan, dalam kitab As-Syajarah al-Mubarokah halaman 111, seorang ulama abad ke 5-6 Hijriyah, Imam Fakhrurrazi menjelaskan bahwa putra Ahmad bin Isa itu hanya ada tiga, yaitu Muhammad, Ali, dan Husein.

“Tiga itu saja dan tidak ada lagi yang namanya Ubaidillah. Dan karena itu maka Ubaidillah ini adalah anak dari siapa?  Ini tidak pernah tertera dalam risalah dalam kitab-kitab silsilah mana pun dalam sejarah, dan baru ada atau baru nongol itu 1700-an, 1800-an dan kemudian diklaim sama habaib-habaib zaman  sekarang. Artinya ini sanadnya terputus,” jelas Guru Gembul.

Kasus dugaan penembakan Bahar bin Smith masih menuai kontroversi. Belum juga penyelidikan selesai, Bahar bin Smith sudah menggelar pengajian secara live streaming.  Dalam pengajiannya itu, Bahar mengatakan bahwa ia tidak mau banyak berbicara berkenaan dengan kondisinya. Ia juga menyampaikan  tidak menyukai bermain drama. 

"Ana nggak mau banyak ngomong, dan ana paling benci dengan yang namanya drama, ente pikir ana pemain sinetron, terus mau mendrama-drama," katanya.  

"Ana ini orang lapangan, Bahar bin Smith orang lapangan, Bahar bin Smith orang perang, nggak mau banyak ngomong dan nggak suka drama, paling benci drama, paling benci pura-pura. Ana orang apa adanya. Putih, putih. Hitam, hitam. Nggak ada abu-abu. Orang lapangan, orang perang, orang perjuangan," kata HBS.

Pernyataan itu sekaligus membantah tudingan Pimpinan Pondok Pesantren Roudlatul Fatihah Plered, Bantul, KH Muhammad Fuad Riyadi atau dikenal dengan panggilan Gus Fuad Plered.   

Baca juga: Mualaf Theresa Corbin, Terpikat dengan Konsep Islam yang Sempurna Tentang Tuhan

Ia menganggap, kasus penembakan terhadap Bahar bin Smith adalah sekadar drama yang sengaja dibuat untuk mengalihkan isu tentang persoalan nasab para habib yang tengah menjadi polemik. Pernyataan itu disampaikan Gus Fuad melalui kanal Youtube resminya, yakni Gus Fuad Channel, yang diunggah pada Senin  (15/5/2023).

"Jadi, intinya Bahar Smith itu bohong aja anunya itu. Untuk mengalihkan isu tentang nasab. Sudah, kita fokus saja persoalan ilmiah, buktikan nasab Ba'alawi itu sampai tersambung ke Rasulullah, benar, apa nggak? Buktikan! Karena ini sudah terbukti berbahaya dan merusak agama, bangsa, dan negara, gitu loh, intinya tuh di situ. Nanti ada isu apa lagi, nanti ada isu apa lagi."

Isu seputar nasab Bahar bin Smith menjadi perdebatan hangat di ruang publik sebelum kabar penembakan itu.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement