Kamis 18 May 2023 05:42 WIB

Mualaf Lourdes Loyola, Sersan Amerika yang Seluruh Keluarga Intinya Ikut Masuk Islam

Mualaf Lourdes Loyola masuk Islam setelah bertugas di Afghanistan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
 Lourdes Loyola. Mualaf Lourdes Loyola masuk Islam setelah bertugas di Afghanistan
Foto:

Setelah sang suami menerima, Loyola mulai mendalami Islam dan berbagai kewajiban sebagai Muslim, salah satunya berhijab. Awalnya, dia merasa ragu untuk mengenakan jilbab, tetapi suaminya yang kembali mendukung dan memotivasi apa pun pilihan hatinya.

Pada Juni 2018, Loyola kemudian memutuskan berkomitmen mengenakan hijab secara penuh. Sebelumnya, Loyola mengakui untuk benar-benar menjalankan syariat Islam yang satu ini, dia belajar perlahan dengan lebih sering memakai celana panjang, baju lengan panjang kemudian meningkat dengan baju turtleneck yang menutupi leher.

Tak sampai di situ, Loyola yang juga seorang ibu tiga anak mendapat anugerah yang tidak disangka. Bahwa empat bulan setelah bersyahadat, sang anak yang saat itu berusia sembilan tahun mengikuti jejaknya.

Tanpa paksaan, anak laki-laki pertamanya bersyahadat dan diantar oleh Loyola dan sang suami. Sempat ada pertanyaan bahwa seorang wanita dilarang menikah dengan non-Muslim. Sehingga ketika seorang istri menjadi Muslim dan suaminya tidak mengikuti maka mereka akan berpisah.

Namun, yang terjadi dengan rumah tangga Loyola berbeda. Loyola memiliki pandangan tersendiri mengenai hal ini.

"Bagaimana saya bisa mengatakan berpisah jika suami saya sangat mendukung keislaman saya dan anak-anak saya, karena kemudian anak kedua saya mengikuti jejak kakaknya memeluk Islam," ujar dia.

Baca juga: Disebut Pengkhianat, Ini Daftar Santri Alumni Pesantren Sidogiri yang Jadi Tokoh Nasional 

Suaminya bahkan tidak segan untuk mengantar kedua anaknya shalat di masjid khusus tempat laki-laki. Dan menunggu mereka selesai shalat.

Rasanya tidak adil jika dia harus memutuskan untuk menceraikan suami yang seperti ini. Dan tak ada teman Muslimnya yang menekankan dia harus berpisah dengan suaminya.

Bahwa ketika wanita lajang Muslimah harus memilih pria yang seiman itu hal yang berbeda. Sehingga bagi dia, masalah ini harus dilihat kasus per kasus.

Dan ternyata pilihan Loyola ini pun membuat jalan hidayah untuk sang suami. Karena pada 2018 juga, suaminya memutuskan untuk memeluk Islam.

"Dengan tiba-tiba dia meminta saya mengajaknya menemui imam untuk bersyahadat," ujar dia.

Dan kini Loyola telah kembali dikaruniakan seorang bayi yang lahir ketika ayah dan ibunya telah menjadi Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement