Rabu 17 May 2023 05:00 WIB

Cara Ceramah Habib Bahar Diminta Lebih Berakhlak, Jangan Tunjukkan Perilaku Buruk

Sejumlah ulama memberi nasihat untuk Habib Bahar bin Smith.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Nasihat untuk Habib Bahar bin Smith. Foto: Habib Bahar bin Smith (Pakai kacamata)
Foto:

Bahar bin Smith adalah seorang aktivis dakwah asal Manado kelahiran 23 Juli 1985. Saat berceramah, Bahar bin Smith kerap meminta umatnya bertindak amar ma'ruf dan nahi mungkar. Namun, dalam beberapa pernyatan dan tindakannya justru menimbulkan kontroversi hingga beberapa kali harus terjerat hukum.

Pernyataan Habib Bahar bin Smith dalam sebuah ceramahnya di Palembang sekitar 2016 menuai kontroversi. Ini karena dalam pernyataannya, diduga memuat konten penghinaan.

Hingga akhirnya, pada 2018 Habib Bahar dilaporkan oleh sejumlah pihak ke polisi. Pelapor di antaranya yaitu caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Muannas Alaidid. Muannas menyebut, pelaporan itu karena ceramah Bahar dinilainya merendahkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Muannas menilai ucapan Bahar tidak pantas dilayangkan pada seorang kepala negara. Adapun ceramah Bahar yang dipermasalahkan Muannas adalah: "Kalo kamu ketemu Jokowi, kamu buka celananya itu, jangan-jangan haid Jokowi itu, kayaknya banci itu". Ucapan itu, kata Muannas, merupakan pelecehan pada Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement