Rabu 10 May 2023 05:20 WIB

Deretan Pejabat yang Pernah Berkunjung ke Al Zaytun

Pesantren Al Zaytun pernah dikunjungi sejumlah pejabat dan tokoh nasional.

Rep: Muhyiddin / Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Deretan Pejabat dan Tokoh yang Pernah Berkunjung ke Al Zaytun. Foto:   Pesantren Al-Zaytun, di Indramayu, Jawa Barat.
Foto: wiralodra.com
Deretan Pejabat dan Tokoh yang Pernah Berkunjung ke Al Zaytun. Foto: Pesantren Al-Zaytun, di Indramayu, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pondok Pesantren Al Zaytun di Indramayu yang dipimpin oleh Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang belakangan kembali menjadi pembicaraan publik dengan sejumlah kontroversinya. Mulai dari masalah pelaksanaan Idul Fitri yang tak biasa, mazhab Soekarno, salam Yahudi, hingga dugaan keterkaitan Pondok Pesantren Al-Zaytun di Indramayu dengan Negara Islam Indonesia (NII).

Kendati dikenal memiliki sejumlah kontroversi, pesantren Al Zaytun ini banyak dikunjungi oleh para pejabat dan tokoh nasional.

Baca Juga

Sebagaimana dihimpun Republika.co.id dari berbagai sumber, berikut ini deretan pejabat dan tokoh yang pernah berkunjung ke Pesantren Al Zaytun:

1. AM Hendropriyono

 

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), A.M. Hendropriyono yang ternyata pernah berkunjung ke Al-Zaytun. Ia tercatat berkunjung ke Ma`had Al-Zaytun, Indramayu, Indramayu, Jawa Barat pada 13 Mei 2003 silam. Ia datang mewakili Presiden RI Megawati Sukarnoputri.

Hendropriyono kala itu juga sempat mengeluarkan ancaman akan menghajar siapa saja yang melawan Al Zaytun. Bahkan, dalam ceramahnya, Hendro mencap "iblis" bagi siapa saja yang menghujat keberadaan pesantren yang dipimpin Panji Gumilang tersebut.

2. Suryadharma Ali

Pada 11 Mei 2011 lalu, Menteri Agama Suryadharma Ali juga pernah mengujungi Ma’had Al Zaytun yang dipimpin Panji Gumilang. Bahkan, Suryadharma mengaku dirinya jatuh cinta pada Al Zaytun sejak kunjungan pertamanya itu.

"Ada yang mengatakan jatuh cinta pada pandangan pertama. Ternyata jatuh cinta bukan hanya pada berlainan jenis laki-laki dengan perempuan, pandangan ideologis juga bisa. Saya jatuh cinta pada Ponpes Al Zaytun di bawah pimpinan Panji Gumilang," kata Suryadharma Ali di Ma`had Al Zaytun, Indramayu, Ahad  (25/3/2012).

3. Jusuf Kalla

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga pernah berkunjung ke Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Bahkan, Jusuf Kalla mengaku sudah dua kali menyambangi ponpes yang konon punya keterkaitan dengan NII KW9 itu.

Kunjungannya ke pondok pesantren itu terkait pendidikan. Kebetulan saat itu, JK duduk sebagai menteri. “Saya pernah ke sana. Dua kali," kata JK usai menghadiri 100 Tahun KH Wahid Hasyim di Auditorium Kementerian Agama (Kemenag), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (30/4/2011).

4. Anas Urbningrum

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat yang baru saja keluar dari penjara, Anas Urbaningrum ternyata juga pernah mengunjungi Pesantren Al Zaytun. Ia mengunjungi Al Zaytun pada 17 Maret 2011 lalu. Kala itu, Anas berkunjung dengan Sekjennya Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas.

5. Akbar Tandjung

Sebuah sumber menyebutkan, tokoh politik yang juga pernah berkunjung ke Al Zaytun adalah Akbar Tandjung. Kala itu Akbar Tanjung duduk sebagai ketua DPR yang sekaligus ketua umum Partai Golkar. Bahkan, gedung olahraga di komplek pesantren itu diberi nama Gedung Akbar Tandjung.

6. Moeldoko

Kepala Staf Kepresidenan (KSP)  memberikan sambutan dalam acara 1 Muharram 1444 H / 30 Juli 2022 di Pesantren Al-Zaytun secara daring.

“Saya berpesan kepada anak-anak saya, di tengah-tengah lingkungan kita saat ini, pertumbuhan teknologi informasi, media sosial, itu luar biasa pesatnya. Persoalan hoaks, persoalan disinformasi merajalela di mana-mana, untuk itu saya berpesan supaya anak muda saat ini yang bertumbuh di pesantren, menanamkan nilai-nilai yang positif, terbangun sebuah  karakter yang kuat agar tidak mudah terpengaruh dan terprovokasi oleh berbagai situasi yang terjadi,” kata Moeldoko, dikutip Republika dari akun YouTube Al-Zaytun Official, Selasa (9/5/2023).

7. BJ Habibie

Peresmian pondok pesantren tersebut pada 27 Agustus 1999 dilakukan oleh  Presiden BJ Habibie. Pada 2011, Habibie memberikan alasan meresmikan Al Zaytun.

"Saya membuka pesantren itu karena pada dasarnya pesantren itu mengonsentrasikan untuk peningkatan kualitas iman dan takwa sumber daya manusia kita yang terbarukan dan juga mengagendakan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Habibie ditemui di kediamannya di Patra Kuningan, Jakarta, Kamis 12 Mei 2011. "Jadi, saya dengan masukan tersebut, ikut meresmikan."

8. Soeharto

Presiden Soeharto disebut pernah berkunjung ke Al Zaytun. Hal itu berdasarkan penuturan AM Hendropriyono dan Panji Gumilang sendiri. Bahkan, Panji Gumilang menyebut Pak Harto juga ikut memberikan sumbangan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement