Kamis 04 May 2023 20:36 WIB

Kedekatan Raja Charles dengan Islam Tuai Pujian

Raja Charles memiliki hubungan dekat dengan ulama Inggris almarhum Syekh Zaki Badawi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Pangeran (saat itu) Charles bersama istrinya Camilla mengunjungi Masjid Shaikh Zayed di Uni Emirat Arab pada 2016. Kedekatan Raja Charles dengan Islam Tuai Pujian
Foto:

Syekh Zaki Badawi ikut mendirikan Forum Tiga Keyakinan pada 1997, yang menjadi salah satu kelompok antaragama paling menonjol di Inggris. Meskipun keluarga Syekh Badawi mengetahui kunjungannya ke kediaman pangeran di Highgrove, mereka tidak pernah terlibat.

"Kakek saya sangat merahasiakan pertemuannya dengan Charles," kata Ahmed.

Menurut Ahmed kecerdasan dan pesona Syekh Zaki Badawi berkontribusi pada persahabatan mereka. “Dia sangat lucu. Dia juga bisa tidak diplomatis, atau kasar, ”kata Ahmed.

Tetapi Raja Charles mungkin juga telah menemukan kesamaan dengan pendekatan Syekh Badawi yang tidak dogmatis dan terpelajar terhadap agama. Dia adalah seorang kritikus aliran pemikiran yang lebih literalis dalam Islam.

"Ada satu sistem kepercayaan fundamental, aturan perilaku tertentu yang diterima, tetapi ada banyak manifestasi budaya yang berbeda. Manifestasi ini harus selalu dapat diubah melalui adaptasi dengan budaya baru,". katanya.

Dia secara terbuka membela penulis Salman Rushdie setelah fatwa dikeluarkan terhadapnya oleh pemimpin tertinggi Iran, bahkan ketika pemimpin Muslim Inggris lainnya tidak melakukannya.

Syekh Badawi dan istrinya adalah tamu di pernikahan sang pangeran pada tahun 2005. Setelah kematiannya pada tahun 2006, Raja Charles mengirim surat belasungkawa yang panjang dan ditulis tangan kepada keluarga dan mengeluarkan pernyataan publik yang menggambarkan kekaguman terbesarnya dan sangat menghargai Syekh Zaki Badawi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement