Sabtu 29 Apr 2023 11:50 WIB

Haji Syafruddin Terima Kunjungan Silaturahim Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor

Haji Syafruddin dan Kiai Gontor berbicara tentang ukhuwah islamiyah dan problem umat.

Komjen Pol Syafruddin (tengah) berfoto bersama Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor KH Amal Fathullah Zarkasyi (kiri) dan KH Hasan Abdullah Sahal (kanan)
Foto: Republika
Komjen Pol Syafruddin (tengah) berfoto bersama Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor KH Amal Fathullah Zarkasyi (kiri) dan KH Hasan Abdullah Sahal (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Lembaga Amil Zakat (LAZ) Assalam fil Alamin (Asfa) Komjen Pol (Purn) Dr Syafruddin Kambo menerima kunjungan silaturahim Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Gontor KH. Hasan Abdullah Sahal dan Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, MA, Jumat  (28/4).

Haji Syafruddin didampingi oleh Ketua Nadzir Wakaf Asfa Irjen Pol (Purn) Mas Guntur Laupe dan jajaran pengurus Yayasan dan Lazis Asfa.

Baca Juga

Kunjungan dalam rangka meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan mendiskusikan berbagai problematikan keummatan khususnya percepatan SDM di lingkungan pesantren dan perguruan tinggi Islam.

Haji Syafruddin menyambut tamu kehormatan dengan hangat dan menjelaskan berbagai hal kegiatan Asfa Foundation kepada Pimpinan Pesantren Gontor.

Menurut Haji Syafruddin, apa yang telah dilakukan Gontor sudah benar, yaitu fokus dan kosentrasi pada  pengembangan, penguatan dan percepatan SDM, serta menyiapkan generasi muda untuk mengisi masa depan Indonesia, jauh dari hiruk pikuk polarisasi dan dinamika politik praktis.

Haji Syafruddin merasa bangga, karena Gontor mampu melahirkan tokoh-tokoh bangsa perekat umat dan bangsa di tingkat nasional dan internasional. 

Kiai Hasan dalam sambutannya menjelaskan bahwa pendidikan karakter harus dijadikan sebagai dasar pondasi yang kuat, sehingga  tidak kehilangan nurani dan jati diri kemanusiaannya. Kiai Hasan juga menekankan agar tetap terjaganya jatidiri mayoritas warga negara Indonesia yang beragama dan berakhlaqul karimah.

Kiai Hasan juga menjelaskan bahwa setiap tokoh ada masanya, dan setiap masa ada tokohnya, maka perlu dilakukan penguatan kaderisasi yang kuat. 

Senada, Pimpinan Gontor yang juga Ketua Forum Silaturahim Pesantren Muadalah (FKPM) Prof. KH. Amal Fathullah menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Asfa Foundation yang selama ini telah berpikir keras dan bekerja nyata dalam mendukung percepatan dan kaderisasi di lingkungan pesantren. Menurutnya, bahwa kaderisasi harus dilakukan by desain, terstruktur dan terpola dengan baik.

Kunjungan Pimpinan Pesantren Modern Gontor merupakan kehormatan bagi lembaga Asfa. Para Pimpinan Gontor mendoakan agar Asfa dapat terus menebar kebaikan khususnya di lingkungan Pondok Pesantren dan Perguruan Tinggi Islam.

Dalam dunia pesantren, Haji Syafruddin adalah pembina Forum Komunikasi Pesantren Muadalah (FKPM), wadah pesantren yang berisikan pesantren modern dan salafiyah, antara lain; Gontor, Al-Ikhlas Kuningan, Al-Ikhlas Taliwang, Darunnajah Jakarta, Tazakka Batang, Al-Amien Madura, Al-Ishlah Bondowoso, Darus Istiqomah Serang, Termas Pacitan, Lirboyo Kediri, Tebuireng Jombang, Al-Anwar Sarang, Mathaliul Falah Pati, Sidogiri, Langitan dan As-Salafiyah Pasuruan, dan lain sebagainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement