Jumat 28 Apr 2023 23:15 WIB

Polisi Buru WNA Pelaku Peludahan Imam Masjid di Bandung Gegara Murottal Alquran

WNA pelaku peludahan imam Masjid di Bandung berasal dari Australia

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan, Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Imam Masjid Al Muhajir di Kompleks Margahayu, Jalan Jupiter Raya, Kota Bandung menunjukkan rekaman CCTV yang memperlihatkan seorang bule Asal Australia marah-marah karena suara murotal Alquran, Jumat (28/4/2023).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Imam Masjid Al Muhajir di Kompleks Margahayu, Jalan Jupiter Raya, Kota Bandung menunjukkan rekaman CCTV yang memperlihatkan seorang bule Asal Australia marah-marah karena suara murotal Alquran, Jumat (28/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Polrestabes Bandung mengaku akan menyelidiki kasus viral Imam Masjid Al Muhajir Muhammad Basri Anwar yang dibentak dan diludahi oleh warga negara asing (WNA) asal Australia berinisial MB (48 tahun), Jumat (28/4/2023) pagi. Pelaku meludahi dan membentak korban karena merasa terganggu dengan murottal Alquran yang diperdengarkan melalui speaker masjid.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan telah mendapatkan informasi tentang seorang warga negara asing yang berbuat tidak menyenangkan terhadap imam masjid Al Muhajir. Petugas langsung melakukan pengecekan di masjid tersebut.

Baca Juga

"Tadi kami melihat berita viral di medsos, yang ada seorang warga negara asing yang melakukan perbuatan tidak menyenangkan di salah satu masjid di daerah Bandung," ujarnya di Masjid Al Muhajir, Jumat (28/4/2023). 

Ia mengaku langsung turun tangan mengecek di lapangan dan meminta keterangan dari korban. Selanjutnya korban akan membuat laporan pengaduan ke kepolisian.

"Kami langsung melakukan pengecekan, hasil keterangan sementara dari korban, sudah membuat LP dan sedang kita mintai keterangan," katanya.

Budi menambahkan akan melakukan koordinasi dengan pihak imigrasi Bandung dan Kemenag. Koordinasi dilakukan untuk memastikan apakah terdapat perbuatan yang dilanggar atau tidak.

Terkait penjegalan terhadap pelaku di imigrasi mengantisipasi kabur, ia mengaku terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan imigrasi. "Yang pasti kita akan lakukan koordinasi imigrasi, nanti kita tunggu kabar berikutnya," katanya.

Rekaman aksi seorang bule asal Australia berinisial MB membentak-bentak hingga meludahi imam masjid Muhammad Basri Anwar di Masjid Jami Al Muhajir, Jalan Jupiter Raya, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Jumat (28/4/2023) pagi viral di media sosial. Diketahui bule tersebut merasa terganggu dengan suara murotal Alquran.

Baca juga: putar Saddam Hussein yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Anti Israel  

 

Dalam video yang viral tersebut, terlihat bule itu menggunakan topi dan memakai baju hitam dan celana panjang berwarna hijau. Ia mendatangi mimbar masjid dan langsung membentak Muhammad Basri yang tengah menyetel murotal Alquran serta membanting dan mematikan suara murotal Alquran tersebut.

Bule itu pun berkata-kata kasar kepada Basri hingga meludahi korban. Bahkan pelaku sempat akan memukul korban. Namun, Basri segera berlari ke ruang DKM menyelamatkan diri. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement