Kamis 20 Apr 2023 07:38 WIB

Kisah Mualaf: Yusuf Masuk Islam Setelah Temukan Alquran di Stadion Old Trafford

Sekitar 5.000 warga Inggris setiap tahun dilaporkan memeluk agama Islam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Seorang mualaf dari Inggris, Yusuf Oak menceritakan kisahnya memeluk Islam pada jamaah di Masjid Indonesian Islamic Centre, Neasden, London utara, Kamis (20/4/2023). Kisah Mualaf: Yusuf Masuk Islam Setelah Temukan Alquran di Stadion Old Trafford
Foto:

Pada suatu hari di 2015, Yusuf menghubungi masjid di dekat ia tinggal dan mengucapkan kalimat syahadat. Setelah bersyahadat, Yusuf menjalankan kewajiban sebagai seorang Muslim dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam.

Ia lantas memutuskan memanjangkan jambang dan selalu mengusahakan diri untuk sholat di masjid. “Transisi ini tidak mudah. Saran saya (bagi yang baru masuk Islam), tetap tabah dan teguh pendirian,” ujar dia.

photo
Seorang mualaf dari Inggris, Yusuf Oak menceritakan kisahnya memeluk Islam pada jamaah di Masjid Indonesian Islamic Centre, Neasden, London utara, Kamis (20/4/2023). - (Indonesian Islamic Centre)

Menurut data 2019, organisasi bantuan kemanusiaan Penny Appeal, menyebut jumlah warga Inggris yang masuk Islam sekitar 80 ribu orang. Di negara ini, kurang lebih 5.000 orang masuk Islam setiap tahunnya dan diperkirakan jumlahnya terus bertambah dari tahun ke tahun.

Islam mengalami pertumbuhan pesat di Inggris. Menurut sensus 2021, diketahui jumlah warga Muslim mencapai 3,9 juta atau 6,5 persen dari total populasi.

 

Pada sensus 2011, proporsi warga Muslim adalah 4,9 persen. Dalam satu dekade, jumlah warga Muslim di Inggris naik 1,2 juta orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement