Selasa 18 Apr 2023 11:25 WIB

Ngopi Bareng Pemred Media, Baznas Luncurkan 'Forum Matraman'

Forum Matraman membuka ruang diskusi antara Baznas dan insan media tentang zakat.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan Forum Matraman dalam acara Ngopi Bareng Pemimpin Redaksi (Pemred) media massa di Hotel GranDhika Iskandarsyah, Melawai, Blok M, Jakarta Selatan, Senin (17/4/2023) malam.
Foto: Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan Forum Matraman dalam acara Ngopi Bareng Pemimpin Redaksi (Pemred) media massa di Hotel GranDhika Iskandarsyah, Melawai, Blok M, Jakarta Selatan, Senin (17/4/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan 'Forum Matraman' dalam acara Ngopi Bareng Pemimpin Redaksi (Pemred) media massa di Hotel GranDhika Iskandarsyah, Melawai, Blok M, Jakarta Selatan, Senin (17/4/2023) malam.

Forum Matraman diinisiasi untuk membuka ruang diskusi antara Baznas dan para insan media tentang perzakatan nasional. Matraman merujuk alamat kantor Baznas RI di Jalan Matraman Raya No 134, Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Baznas RI, Prof Noor Achmad, menyampaikan, Baznas menginisiasi 'Forum Matraman' untuk memberi ruang kepada media massa mendapatkan informasi terkait agenda-agenda Baznas, utamanya tentang pengelolaan zakat, infak, dan sedekah.

Baca Juga

"Dalam pikiran kita banyak hal yang perlu kita diskusikan terkait persoalan umat. Potensi zakat kita salah satunya, yang sebesar Rp 327 triliun, baru bisa terkumpul sebesar Rp 22,1 triliun," ujarnya dalam siaran pers.

Oleh karena itu, kata Noor, saat ini Baznas sedang gencar-gencarnya memperbanyak Lembaga Amil Zakat (LAZ), di mana sudah 67 LAZ yang direkomendasikan di skala nasional hingga kabupaten/kota.

Noor juga menyampaikan tentang potensi zakat, infak, dan sedekah yang sangat besar di Indonesia dengan peningkatan rata-rata sebesar 30 persen, khususnya dari kalangan milenial. "Pada dasarnya masyarakat Indonesia senang berderma, tinggal bagaimana literasi kita," kata Noor.

Noor berharap kekuatan potensi zakat ini bisa dibangun bersama-sama antara Baznas dan media massa. "Karena kekuatan media tidak bisa dibendung sampai sekarang dan akan datang," tegasnya.

Forum Matraman, imbuh Noor, akan menjadi ruang diskusi serta bertukar informasi antara Baznas dan media tentang perzakatan nasional. Tujuannya, agar masyarakat mendapatkan literasi dan informasi yang lebih baik tentang zakat dan Baznas.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Pemred Republika Irfan Junaidi menyampaikan terima kasih kepada Baznas. "Yang mencengangkan adalah pertumbuhan zakat, infak dan sedekah dari kalangan milenial yang tumbuh sangat pesat. Ini artinya masa depan Baznas akan cerah," ujar Irfan.

Irfan juga mengungkapkan, selama ini masyarakat banyak terbantu dengan lembaga zakat dalam setiap kesempatan. Sejumlah lembaga internasional, kata Irfan, juga sudah mengakui kekuatan zakat di Indonesia.

Irfan berharap kehadiran Forum Matraman akan semakin mempermudah informasi dari Baznas kepada masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut para pemimpin redaksi media nasional seperti Kompas.com, Koran Kompas, Gatra, CNN, NET TV, Detik, Republika, Katadata, Kumparan dan Elshinta.

Turut hadir, Wakil Ketua Baznas RI Mokhamad Mahdum, Pimpinan Baznas RI Bidang Perencanaan, Kajian dan Pengembangan Zainulbahar Noor, Pimpinan Baznas Bidang Koordinasi Nasional KH Achmad Sudrajat, Deputi I Bidang Pengumpulan, M Arifin Purwakananta, serta Deputi II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan M. Imdadun Rahmat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement