Ahad 09 Apr 2023 17:57 WIB

Pengurus ODOJ Jabar Ajak Ribuan Anak Yatim dan Dhuafa Nonton Film Islam di Bioskop

Sebaraya resmi dibuka dengan mengajak lebih dari 100 orang peserta.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Alquran
Foto: Dok Republika
Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Di bulan Ramadhan, Pengurus komunitas Provinsi One Day One Juz (Pengprov ODOJ) Jawa Barat mengajak Anak Yatim dan Dhuafa untuk menyambut dengan senyum. Yakni, melalui salah satu program kerjanya yaitu Sebaraya (Senyum Bareng Anak Yatim dan Dhuafa). 

Menurut Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Jawa Barat, Ustaz Bambang Tri Hardiono, melalui program Sebaraya sekitar seribu Anak Yatim dan Dhuafa di 23 Kota/Kabupaten di Jawa Barat, secara berkala diajak untuk dapat merayakan bulan yang penuh keberkahan ini dengan beribadah bersama. Serta, diisi hiburan melalui nonton film bersama di bioskop. 

"Sebaraya resmi dibuka dengan mengajak lebih dari 100 orang peserta untuk nonton di CGV Metro Indah Mall, Bandung akhir pekan ini," ujar Bambang, kepada wartawan, Ahad (9/4/2023).

Selanjutnya, kata dia, Sebaraya akan dilaksanakan di 23 titik Kota/Kabupaten Jawa Barat sesuai cakupan wilayah pengurus Pengprov ODOJ.

Selain menonton film Kun Ana Wa Anta, kata dia, Sebaraya kali ini juga diramaikan oleh Runner Up AKSI Indosiar 2022 yaitu Rena-Reni. Tak hanya Sebaraya, di bulan Ramadhan ini Pengprov ODOJ Jawa Barat juga memiliki kegiatan lainnya. Seperti tarhib, seminar, dan halal bi halal. 

ODOJ merupakan sebuah komunitas yang dibentuk dengan tujuan membudayakan atau membiasakan tilawah satu hari satu juz serta kegiatan yang berkaitan dengan interaksi bersama Alquran demi terciptanya masyarakat Qur’ani. Dengan begitu, Sebaraya menjadi salah satu rangkaian kegiatan di bulan Ramadhan sebagai wujud implementasi dari ilmu yang didapatkan dalam membaca Alquran.

“Tujuan acara ini adalah untuk mengaplikasikan dari isi Alquran tentang bagaimana kita ini ingin menjadi orang yang bertakwa. Orang bertakwa adalah di antaranya mereka yang sesuai dengan surat Ali Imran: 134 adalah  mereka yang menginfakkan hartanya, baik ketika lapang maupun sempit," paparnya.

Sehingga, kata dia, program ini menjadi sebuah latihan bagi dirinya. Jadi, tidak hanya membaca Alquran, memahami, tapi juga mengamalkan isi Alquran.

Selaras dengan jargon dari ODOJ Jawa Barat yaitu ODOJ yang  ingin mensinergikan potensi kebaikan dan menebarkan kemanfaatan di Jawa Barat, maka Ustaz Bambang juga berharap kegiatan ini menjadi sarana bagi komunitasnya untuk dapat menebarkan kemanfaatan di kalangan masyarakat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement