Jumat 07 Apr 2023 15:12 WIB

Penyaluran Bantuan Baznas Bagi Pesantren Terdampak Gempa Cianjur Masuki Tahap II

Saat ini, proses realisasi bantuan Baznas telah memasuki tahap dua untuk 24 ponpes

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah menyalurkan bantuan renovasi bagi 10 pondok pesantren (ponpes) yang rusak akibat gempa Cianjur. Bantuan tahap pertama telah diserahkan pada Februari 2023. Saat ini, proses realisasi telah memasuki tahap dua untuk 24 ponpes.
Foto: Dok Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah menyalurkan bantuan renovasi bagi 10 pondok pesantren (ponpes) yang rusak akibat gempa Cianjur. Bantuan tahap pertama telah diserahkan pada Februari 2023. Saat ini, proses realisasi telah memasuki tahap dua untuk 24 ponpes.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah menyalurkan bantuan renovasi bagi 10 pondok pesantren (ponpes) yang rusak akibat gempa Cianjur. Bantuan tahap pertama telah diserahkan pada Februari 2023. Saat ini, proses realisasi telah memasuki tahap dua untuk 24 ponpes. 

Sebelumnya, pada Rabu (4/1/2023), Baznas bersama Wakil Presiden RI, Prof. Dr. KH. Ma`ruf Amin, telah melakukan penyerahan bantuan renovasi untuk Ponpes Al-Bahjah Cianjur, Jawa Barat. Adapun target bantuan yang diberikan BAZNAS ini adalah untuk 69 ponpes yang terdampak gempa, baik yang mengalami kerusakan berat maupun ringan dengan total bantuan sebesar Rp 3,5 miliar. 

Deputi II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Imdadun Rahmat menjelaskan, sesuai data yang terhimpun di lapangan, BAZNAS mendapatkan 69 rekomendasi ponpes yang akan dibantu. Dari 69 pesantren tersebut, 49 pesantren mengalami rusak berat dan 20 rusak ringan. 

"Pada proses penyalurannya, Alhamdulillah tahap pertama telah direalisasikan bagi 10 ponpes pada Februari 2023. Tahap dua ini akan disalurkan bagi 24 ponpes dengan total nilai bantuan sebesar 1,2 miliar," ujar Imdad dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (7/4/2023).

 

Imdad mengatakan, proses penyaluran bantuan tahap dua ini diharapkan akan selesai pada pekan depan. Tim Baznas juga telah melakukan verifikasi ulang sekaligus melakukan konfirmasi nomor rekening dan sosialisasi proses renovasi kepada 24 ponpes yang akan menerima bantuan tahap dua ini. 

Dari bantuan yang diberikan Baznas ini, tambah Imdad, pesantren-pesantren melakukan renovasi sesuai dengan kebutuhan, ada yang digunakan untuk renovasi ruangan, dapur, hingga fasilitas MCK.

Imdad menegaskan, Baznas memastikan penyaluran bantuan bagi program pemulihan pascagempa untuk ponpes ini, tepat sasaran dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan dengan menerapkan prinsip "3A": Aman Syar'i, Aman Regulasi, Aman NKRI. 

"Mudah-mudahan bantuan yang kami berikan dapat membantu percepatan renovasi pesantren-pesantren yang terdampak agar segera pulih kembali," ujar dia.

Imdad juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memercayakan zakat, infak, sedekah (ZIS) dan donasi melalui Baznas. 

"Kami tentu memerlukan sinergi dari berbagai pihak, untuk menyalurkan sebagian harta mereka demi membantu proses pemulihan saudara-saudara kita yang terdampak gempa di Cianjur," kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement