Rabu 05 Apr 2023 15:31 WIB

Ketua MCMI Sulteng: Contoh Teladan Nabi Muhammad

Ramadan merupakan kesempatan untuk berbagi dengan sesama.

Ketua Masyarakat Cinta Masjid Indonesia (MCMI) Provinsi Sulteng Anwar Hafid
Foto: istimewa
Ketua Masyarakat Cinta Masjid Indonesia (MCMI) Provinsi Sulteng Anwar Hafid

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bulan suci ramadhan adalah bulan yang tepat mendekat kepada Allah SWT. Pasalnya di bulan suci ramadhan bulan yang banyak keberkahan, kasih sayang diberikan Allah SWT. Untuk itu manfaatkan lah bulan suci Ramadhan ini dengan kegiatan ibadah, selain berpuasa, sholat tarawih dan juga melaksanakan ibadah lainnya yang bermanfaat. 

Pesan itu disampaikan Ketua Masyarakat Cinta Masjid Indonesia (MCMI) Provinsi Sulteng Anwar Hafid saat memberikan ceramahnya di Masjid Kota Palu, Sulawesi Tengah, baru-baru ini. Bahkan kata anggota DPR RI KOMISI V Fraksi Partai Demokrat asal Dapil Sulteng ini bahwa bulan Ramadan merupakan kesempatan untuk berbagi dengan sesama.

Baca Juga

"Yuk manfaatkan waktu satu bulan ini dengan perbanyak amal ibadah, seperti tadarusan," tegas Anwar dihadapan ribuan jamaah. 

Selain itu, lanjut Anwar bahwa konsep memberi makan kepada orang lain cara yang disukai Allah. Terlebih di bulan suci ramadhan seperti ini. Menurut dia cara itu mengingatkan agar tidak lupa sesama umat. " Jangan sampai diri sendiri berlimpah dengan makanan, sementara di tempat sekitar ternyata masih ada orang lain yang kelaparan," tuturnya. 

“Bulan Ramadan benar-benar kesempatan terbaik untuk beramal dan kesempatan menuai pahala melimpah. Banyak amalan yang bisa dilakukan agar menuai ganjaran yang luar biasa,” Katanya kembali. 

Bahkan kata dia dengan memberi sesuap nasi, secangkir teh, atau snack yang menggiurkan, menurut dia sudah bisa menjadi ladang pahala. “Maka sudah sepantasnya. kesempatan tersebut tidak terlewatkan,” ujarnya.

Lanjut Anwar ketika dirinya menjabat sebagai Bupati Kabupaten Morowali dua periode saat ramadhan datang wilayahnya diisi dengan program andalan di bidang keagamaan, yakni Morowali Mengaji dan Morowali Berjemaah.

Disisi lain Anwar juga mengingatkan pentingnya meneladani Nabi Muhammad SAW yang selalu menyampaikan kepada umat Islam untuk selalu menebar keselamatan dengan cara mengucapkan salam, dan juga memberi makan kepada sesama.

“Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW, Islam apakah yang paling baik? Beliau Rasulullah SAW menjawab, engkau memberi makan, dan mengucap salam kepada orang yang kamu kenal maupun orang yang tidak kamu kenal,” kata Anwar menceritakan riwayat Rasulullah.

Selain itu, Anwar juga menjelaskan keutamaan salat malam, yang sangat banyak pahalanya apalagi di bulan Ramadan.

“Umat muslim tentu ingin menduduki posisi yang terpuji di mata Allah SWT. Salat tahajud bisa menjadi salah satu jalan bagi orang-orang yang ingin lebih dekat dengan Allah SWT, dan diangkat derajatnya ke tempat yang terpuji,” ujar Anwar.

Usai ceramah, Anwar Hafid mengikuti pelaksanaan salat tarawih dan witir berjemaah. Rangkaian kegiatan malam pertama bulan Ramadan di Masjid Agung ditutup dengan berbincang dengan sejumlah jemaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement