Ahad 26 Mar 2023 21:00 WIB

PWNU DKI Ajak Pejabat Sedekah Bareng Ganti Larangan Buka Bersama 

PWNU DKI Jakarta menilai pahala dan manfaat sedekah lebih utama

Rep: Ali Yusuf / Red: Nashih Nashrullah
Ketua PWNU DKI, Dr Samsul Maarif,
Foto: Istimewa
Ketua PWNU DKI, Dr Samsul Maarif,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta mendukung arahan Presiden Joko Widodo untuk tidak menggelar buka bersama selama bulan puasa. 

PWNU DKI Jakarta menyarankan seluruh pejabat memperbanyak bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan. 

Baca Juga

"PWNU merespons positif atas seruan Bapak Presiden Joko Widodo agar para pejabat pemerintah tidak menggelar buka puasa bersama. Melalui arahan itu kami meimbau pejabat pemerintah agar silaturahim lewat sedekah," kata Ketua PWNU DKI KH Samsul Maarif melalui keterangan tertulisnya kepada Republika.co.id, Ahad (26/3/2023). 

Kiai  Samsul yang saat ini tengah berada di Makkah Arab Saudi ini mengatakan, selama ini memang buka puasa yang sering dilakukan para pejabat lebih terkesan kegiatan seremonial  belaka tidak banyak manfaatnya. 

Lebih baik pejabat mengganti buka bersama dengan memperbanyak bersekah bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Saya berharap tidak berhenti di sini, tapi dibarengi silaturahim lewat sedekah langsung, terutama kepada orang-orang yang membutuhkan dan sekaligus  untuk menjauhkan sifat hedonis, saling membanggakan diri," katanya.

Baca juga: Muhammadiyah Resmi Beli Gereja di Spanyol yang Juga Bekas Masjid Era Abbasiyah

Melalui kesempatan ini dia juga mengajak para pejabat untuk lebih peduli memberikan makanan untuk buka puasa dan saur bersama-sama lembaga keagamaan. Sebagai contoh, PWNU DKI setiap hari membagikan takjil buka puasa bagi yang masih di perjalanan.  

"Menurut saya biaya buka puasa bersama (sekali) yang diadakan pemerintah, jika dibelikan nasi bungkus dan makanan takjil bisa untuk setengah bulan. Saya kira ini lebih mempunyai nilai positif," katanya.

Syamsul mengatakan, arahan Presiden Joko Widodo tentang larangan buka puasa bersama harus dimaknai secara luas. Di mana mengalihkan biaya buka puasa bersama yang seremonial berganti dengan silaturahim lewat sedekah.  

"Sedekah ini bisa langsung dirasakan masyarakat sekaligus sebagai upaya untuk menghindari kemewahan dan sikap hedonis," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement