Kamis 02 Mar 2023 20:48 WIB

Akademisi: Kekerasan Remaja Akibat Kurangnya Rasa Empati Sejak Dini

Orang tua tidak bisa mengabaikan pendidikan karakter anak.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah remaja putri membawa boya sabe atau sarung Donggala saat mementaskan tari pontanu karya Hasan Bahasyuan pada pembukaan Festival Tenun Donggala di Donggala, Sulawesi Tengah. Akademisi: Kekerasan Remaja Akibat Kurangnya Rasa Empati Sejak Dini
Foto:

Keempat, orang tua tidak memberikan gawai pada anak usia dini. Karena gawai akan membuat dangkalnya empati anak.

Anak yang hanya fokus terhadap gawai maka di dalam rumah tidak akan terjadi komunikasi yang baik dengan kedua orang tua. Gawai akan membius orang untuk kurang peduli terhadap lingkungan bahkan menyebabkan salah pergaulan. 

Tak hanya pendidikan keluarga, rasa empati akan hilang jika telah memiliki pendidikan keluarga yang baik, namun tidak selektif memilih pergaulan. Mereka yang terjerumus dengan perilaku keras bahkan perundungan akan menghilangkan sisi empati anak.

Perundungan sangat fatal dampaknya terhadap anak-anak di Indonesia. Terutama terhadap masa depan mereka. 

Dia akan depresi ketika mengalami perundungan seumur hidup bahkan hingga meninggal dunia. Masalah anak sekolah yang berhenti saat ini bukan lagi hanya faktor ekonomi, tetapi justru akibat masalah mental anak. 

Mereka mengalami perundungan secara langsung baik fisik maupun verbal di dunia nyata juga di media sosial. Hal ini juga tidak terlepas dari kepedulian orang tua untuk membentuk anak berakhlak karimah.

"Seharusnya orang tua tidak hanya mementingkan pendidikan yang bersifat materialistik kemudian mengabaikan hal-hal yang bernilai karakter," jelas dia.

Orang tua tak hanya berusaha menjadikan anak ilmuwan atau pengusaha. Tetapi memiliki cara agar anak mereka menjadi ilmuwan yang berakhlak karimah dan pengusaha yang berkarakter mulia. Jangan sampai anak-anak menjadi bibit-bibit koruptor di masa depan dan pintar untuk 'memintari' orang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement