Kamis 02 Mar 2023 20:48 WIB

Akademisi: Kekerasan Remaja Akibat Kurangnya Rasa Empati Sejak Dini

Orang tua tidak bisa mengabaikan pendidikan karakter anak.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah remaja putri membawa boya sabe atau sarung Donggala saat mementaskan tari pontanu karya Hasan Bahasyuan pada pembukaan Festival Tenun Donggala di Donggala, Sulawesi Tengah. Akademisi: Kekerasan Remaja Akibat Kurangnya Rasa Empati Sejak Dini
Foto:

Adegan kekerasan yang dipertontonkan oleh film dan permainan daring juga dapat memicu kekerasan yang kini marak terjadi di kalangan remaja. Dengan seringnya anak melakukan hal itu tentu rasa empati mereka juga berkurang.

"Apabila anak-anak ini sudah terjebak dengan perilaku kekerasan maka ketika sudah di luar batas kewajaran maka anak tersebut harus ditangani oleh psikiater," ujar dia.

Tetapi jika masih dalam batas kewajaran, orang tua harus sesegera mungkin menolongnya. Orang tua dapat mengajak mereka berbicara dengan makan bersama atau sekadar berbelanja.

Sehingga rumah dapat tercipta suasana harmonis dan anak menjadi lebih terbuka untuk berbicara dengan orang tua. Orang tua juga harus tahu teman-teman pergaulan anak.

Sebisa mungkin orang tua mengajak anak untuk bermain bersama teman-temannya di rumah. Sehingga orang tua bisa memantau pergaulan anak dan dengan siapa saja mereka berteman.

Selain itu, orang tua juga bisa mengundang ustaz atau psikolog untuk berbincang dengan anak tanpa terkesan menggurui. Karena karakter anak remaja tidak suka jika ada orang yang menggurui.

Saat ini keluarga rentan karena orang tua minim pendidikan parenting. Terutama mereka yang memiliki pendidikan rendah dan sibuk dengan mencari nafkah. Pemerintah bisa memberikan kebijakan dengan mengajarkan ilmu parenting di setiap desa melalui universitas terdekat.

"Kami sebagai guru besar tidak masalah jika ditugaskan untuk mengajar orang tua di desa-desa setiap pekan untuk membuka wawasan mereka mengenai pendidikan orang tua, karena saat ini belum ada pihak yang bertanggung jawab untuk mendidik orang tua agar memiliki pemahaman yang baik mendidik anak" ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement