Kamis 02 Mar 2023 04:48 WIB

Qari Indonesia Raih Juara 3 MTQ di Iran

Prestasi delegasi qari Indonesia jadi motivasi bagi pemuda ikuti MTQ internasional.

Ilustrasi MTQ.
Foto: Istimewa
Ilustrasi MTQ.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Qari asal Indonesia Abdullah Fikri meraih juara 3 cabang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pada perhelatan 39th International Quran Competition di Teheran, Iran.

"Kami sangat bersyukur dan berbahagia atas raihan yang dicapai oleh salah satu putra terbaik Indonesia, Abdullah Fikri," ujar Kasubdit MTQ Ditjen Bimas Islam Kemenag, Rijal Ahmad Rangkuty di Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Baca Juga

The 39th International Quran Competition berlangsung selama lima hari sejak 18-22 Februari 2023. Rijal mengatakan prestasi yang diraih delegasi qari Indonesia menjadi motivasi bagi pemuda untuk berbicara banyak di ranah internasional.

"Ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi kita semua, khususnya anak-anak bangsa, para pemuda-pemudi bahwa Indonesia mampu berbicara lebih banyak di kancah internasional," kata Rijal.

Prestasi Fikri menjadi penanda bahwa penyelenggaraan dan pelaksanaan MTQ Nasional serta sistem penyeleksian terus membaik. Adanya sistem seleksi dengan output kejuaraan ini cukup baik, bahkan sangat baik. Dengan seleksi ini Kemenag lebih mudah dalam mengirimkan delegasi untuk berpartisipasi di ajang internasional.

Keberhasilan Abdullah Fikri juga menjadi motivasi bagi Direktorat Penerangan Islam sebagai penyelenggara MTQ tingkat Nasional untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan MTQ di Indonesia."Sekali lagi, selamat buat Abdullah Fikri, tentunya sebuah kebanggaan dan kebahagiaan buat kita semua atas pencapaian ini," kata dia.

Rijal berharap putra-putri terbaik Indonesia lainnya juga bisa menunjukkan prestasi terbaik di ajang-ajang MTQ selanjutnya.

Musabaqah Tilawatil Quran adalah festival keagamaan yang diadakan di banyak negara. Di Indonesia, lomba membaca Alquran ini diselenggarakan di berbagai pengajian, tingkat kelurahan, kecamatan, terus hingga tingkat nasional. Tujuannya untuk mengagungkan Alquran. Pada festival ini, peserta berlomba mengaji Al-Qur'an dengan menggunakan Qira'at.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement