Kamis 02 Mar 2023 04:15 WIB

Psikotes Online Bantu Perusahaan Beri Rekomendasi Karier Karyawan

Psikotes online di Ekrutes.id, paperless, real time, dan efisien, serta terjangkau.

Kini tersedia layanan psikotes online menggunakan teknologi kecerdasan artifisial (AI).
Foto: Istimewa
Kini tersedia layanan psikotes online menggunakan teknologi kecerdasan artifisial (AI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikotes adalah langkah awal yang penting bagi perusahaan atau human resource (HR) untuk lebih mengenal kandidat atau pelamar. Ekrutes.id yang menggunakan sistem kecerdasan artifisial (AI) hadir untuk menjadi solusi segala kebutuhan psikotes untuk individu, perusahaan, dan institusi pendidikan.

Salah satu keunggulan alat tes Ekrutes.id, terutama tes IQ WMS adalah mengetahui potensi seseorang dan membantu memberikan rekomendasi pekerjaan atau karier yang sesuai. CEO Ekrutes.id, Hartono Chandra, menjelaskan, tes IQ WMS adalah tes intelegensi yang dikembangkan oleh tim riset dan pengembangan, yang disesuaikan dengan demografi dan kebudayaan di Indonesia.

"Banyak turnover (karyawan keluar) yang terjadi di perusahaan saat ini karena ada ketidakcocokan antara atasan dengan bawahan, atau dengan sesama rekan kerja, hal ini biasanya berkaitan dengan kepribadian seseorang," kata Hartono di Jakarta, Rabu (1/3/20223).

Dia menjelaskan, biasanya kendala perusahaan tidak melakukan psikotes saat proses hiring adalah karena keterbatasan waktu dan biaya. Adapun saat melakukan psikotes di lokasi, perlu waktu lama untuk menunggu hasil psikotes. Belum lagi, kata Hartono, biaya psikotes untuk satu orang kandidat cukup mahal.

"Psikotes online di Ekrutes.id, paperless, real time, dan efisien, serta yang paling penting sangat terjangkau. Meskipun dilakukan secara online, peserta tes tidak bisa melakukan kecurangan karena Ekrutes.id memiliki cheating prevention system, yaitu fitur snapshot yang secara otomatis akan mengaktifkan kamera dan mengambil foto yang ada di depan kamera mode selfie," ujar Hartono.

Psikolog sekaligus Chief Research and Development of Ekrutes.id, Sandi Kartasasmita, menjelaskan, semua validitas dan reliabilitas masing-masing alat tes telah diuji sesuai dengan standar baku yang telah ditetapkan dalam ilmu psikologi. Langkah itu untuk bisa memenuhi standar minimal alat tes yang valid dan reliabel setidaknya dibutuhkan poin 0,6 pada saat pengujian.

"Dan semua alat test di Ekrutes.id memiliki poin 0,8 dan 0,9. Tidak hanya itu, semua alat tes telah sesuai dengan kaidah dan etika psikologi. Ekrutes.id memberikan intruksi pengerjaan tes yang jelas dan akurat, sehingga peserta tes bisa membaca, mengikuti, dan mengerjakan tes sesuai dengan kajian-kajian etika psikologi," ujar Sandi.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement