Ahad 26 Feb 2023 21:47 WIB

Prof Said Aqil Munawar Kisahkan Kiprah KH Ali Yafie di Balik Lahirnya Bank Muamalat

KH Ali Yafie merupakan sosok yang gigih melahirkan pemikiran bermanfaat

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Almarhum KH Ali Yafie dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Bintaro, Ahad (26/2/2023).  KH Ali Yafie merupakan sosok yang gigih melahirkan pemikiran bermanfaat
Foto: Republika/Umar
Almarhum KH Ali Yafie dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Bintaro, Ahad (26/2/2023). KH Ali Yafie merupakan sosok yang gigih melahirkan pemikiran bermanfaat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Agama RI periode 2001-2004, Prof KH Said Agil Husin Al Munawar menyampaikan, almarhum KH Ali Yafie merupakan sosok teladan bagi semua kalangan. 

 

Baca Juga

Keilmuan yang dimiliki Kiai Ali Yafie telah memberikan banyak kontribusi. Di antaranya ialah berdirinya Bank Muamalat dan Asuransi Takaful. 

 

 

"Saya beberapa tahun menjadi katibnya beliau. Beliau selalu memberikan kontribusi pemikiran-pemikiran yang kemudian kita kemas dan menjadi sesuatu yang kita rasakan sekarang. Itulah Bank Muamalat, Asuransi Takaful," kata dia saat memberikan sepatah dua kata atas berpulangnya Kiai Ali Yafie, di TPU Tanah Kusir Bintaro, Ahad (26/2/2023). 

 

Menurut Said, Kiai Ali Yafie adalah sosok yang berjasa dalam mengantarkan lahirnya lembaga keuangan tersebut. Ini dilakukannya melalui Munas NU di Lampung pada 1992 dan Lokakarya Alim Ulama di Cisarua pada tahun 1991. 

 

"Itu semua pemikiran-pemikiran beliau yang saya kemas melalui melalui Munas NU di Lampung. Bank Islam, kemudian asuransi. Beliaulah yang berjasa mengantarkan melalui Lokakarya Alim Ulama di Cisarua yang kemudian melahirkan Bank Muamalat dan Asuransi Takaful, yang dapat kita rasakan bersama saat ini," ucapnya. 

 

Dia berdoa semoga berbagai sumbangsih Kiai Ali Yafie tersebut menjadi amal ibadah almarhum. Kiai Ali Yafie meninggal dunia pada usia 96 tahun, di RS Premiere Bintaro, Sabtu 25 Februari 2023 pukul 22.13 WIB. Almarhum dimakamkan di TPU Tanah Kusir Bintaro pada Ahad (26/2/2023).

Baca juga: Ketika Sayyidina Hasan Ditolak Dimakamkan Dekat Sang Kakek Muhammad SAW

 

Said menambahkan, almarhum meninggal di usia 90-an tahun sehingga mendapat kelebihan dan keistimewaan dengan umur panjang yang dilewatinya itu.

"Semoga kita semua memiliki banyak umur seperti beliau dan bisa memberikan kontribusi yang betul-betul bisa dirasakan oleh semua kalangan," kata dia mengutip sebuah hadits qudsi. 

 

Kiai Ali Yafie adalah ulama fiqih yang lahir pada 1 September 1926 di Donggala Sulawesi Tengah dan besar di Parepare Sulawesi Selatan. Dia pernah terpilih sebagai anggota DPR dari Nahdlatul Ulama pada Pemilu 1971. 

 

Almarhum juga pernah menjadi Wakil Rais Aam PBNU pada Muktamar Krapyak 1989, lalu menjadi Rais Aam PBNU pada 1991-1992.

Almarhum juga tercatat sebagai pengasuh Pondok Pesantren Darud Da'wah wal Irsyad, Parepare, Sulawesi Selatan yang telah berdiri pada 1947. Kiai Ali Yafie juga berkiprah di Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan menjadi ketua umum MUI pada 1998-2000.   

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement