Selasa 21 Feb 2023 10:10 WIB

Mantan Politikus Anti-Muslim Belanda Ceritakan Kembali Perjalanannya Menuju Islam

Klaveren berpendapat salah satu pemicu Islamofobia di Eropa adalah budaya massa.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Joram van Klaveren, seorang mualaf dari Belanda. Mantan Politikus Anti-Muslim Belanda Ceritakan Kembali Perjalanannya Menuju Islam
Foto:

“Kemudian pada akhirnya saya mendapati hampir dua Islam. Tentu saja hanya ada satu Islam, tapi saya mendapatkan Islam dari Orientalis, Barat, orang-orang yang bukan Muslim dan (kemudian) Islam yang sesungguhnya," ucap dia.

Klaveren juga mengatakan dia menyadari setelah beberapa saat bahwa Islam bukanlah kebohongan. Tetapi dia masih merasa kesulitan untuk menerimanya. Orang-orang di sekitarnya juga tidak menanggapi dengan baik kepindahannya ke Islam.

Semua orang disebut merasa terkejut dan sulit untuk percaya. Bahkan, beberapa orang mengira ia sakit dan beberapa orang lainnya benar-benar mengira ia gila.

Tentang meningkatnya sentimen anti-Muslim di Eropa dalam beberapa tahun terakhir, Klaveren mengatakan salah satu hal yang memicu Islamofobia adalah budaya massa. Ia mencontohkan bagaimana orang Arab dan Muslim terus-menerus ditampilkan sebagai teroris, terutama di film-film Hollywood.

“Saya pikir itu masalah terbesar saat ini, Anda memiliki media. Dan media menggambarkan (ini) karena berita negatif laku," ujarnya.

Jika hal-hal negatif, seperti serangan teroris dan hal-hal semacam itu terus berulang, Klaveren menyebut bisa dipastikan hal ini akan membentuk pikiran banyak orang yang sudah bias.

sumber : https://www.aa.com.tr/en/europe/dutch-former-anti-muslim-politician-recounts-his-journey-to-islam/2826063
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement