Senin 20 Feb 2023 23:45 WIB

Sambut Ramadhan, Jamaah Ngaji Yuk Gelar Khataman Quran di Alam Pedesaan

Majelis Ngaji Yuk berharap ada suasana berbeda saat gelar khataman di Cengal Bogor

 Jelang bulan Ramadhan 1443 yang diperkirakan akan tiba di tanggal 23 bulan Maret 2023, banyak umat Islam menggelar aneka acara untuk menyambut bulan suci ini. Sekelompok warga Perumahan GTP Depok yang tergabung dalam majelis Ngaji Yuk menggelar program unik berupa acara khataman Quran di alam pedesaan di akhir pekan.
Foto: Dok majelis Ngaji Yuk
Jelang bulan Ramadhan 1443 yang diperkirakan akan tiba di tanggal 23 bulan Maret 2023, banyak umat Islam menggelar aneka acara untuk menyambut bulan suci ini. Sekelompok warga Perumahan GTP Depok yang tergabung dalam majelis Ngaji Yuk menggelar program unik berupa acara khataman Quran di alam pedesaan di akhir pekan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang bulan Ramadhan 1443 yang diperkirakan akan tiba di tanggal 23 bulan Maret 2023, banyak umat Islam menggelar aneka acara untuk menyambut bulan suci ini. Sekelompok warga Perumahan GTP Depok yang tergabung dalam majelis ‘Ngaji Yuk’ menggelar program unik berupa acara khataman Qur’an di alam pedesaan di akhir pekan.

“Jika selama ini kami melakukan kegiatan kumpul ngaji rutin di masjid, musholla atau rumah di perumahan Griya Telaga Permai dimana kami tinggal, untuk menyambut Ramadhan tahun ini kami menggelar rihlah dan acara khataman Qur’an di suasana pedesaan di Kampung Cengal, Karacak, Leuwiliang, Bogor,” kata Gunawan Wibisono, koordinator jamaah Ngaji Yuk.

Gunawan menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi suasana berbeda sekaligus kegembiraan bagi jamaah Ngaji Yuk dalam menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini, jelas Gunawan. “Kebetulan ada jamaah Ngaji Yuk yang memiliki rumah di kampung Cengal yang suasana alamnya masih hijau dan dikelilingi suasana pedesaan yang asri,” tambah Gunawan.

Kegiatan rihlah (perjalanan dalam menuntut ilmu) dan khataman Qur’an ini beragam acara digelar mulai dari membaca Alqur’an 30 juz secara berjamaah, ceramah keagamaan, diskusi, jalan kaki keliling kampung, dan makan bersama. Sebanyak 30 peserta dibagi bagi dalam membaca Qur’an dimana satu peserta membaca 1 juz sehingga secara keseluruhan 

Selain itu peserta mendengarkan ceramah dari Ustadz Farid Nu’man untuk meningkatkan pengetahuan agama jamaah khususnya dalam fiqih ibadah dan muamalah. Dalam ceramahnya, Ustadz Farid Nu’man menyampaikan ciri ciri waliyullah yang bisa dijadikan teladan bagu umat Islam. 

Selain ketaqwaannya, para wali Allah ini dikenal dengan perilakunya yang tidak takut dan tidak bersedih hati karena mereka senantiasa menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangannya. Para jamaah peserta juga berkesempatan untuk melakukan diskusi dan tanya jawab mengenai beragam hal berkenaan dengan ilmu agama.

Kelompok pengajian ‘Ngaji Yuk’ merupakan kelompok ngaji di perumahan Griya Telaga Permai yang menekankan pada upaya saling memotivasi dan membantu dalam belajar, memperbaiki dan memperlancar bacaan Qur’an secara berjamaah. Kegiatan ngaji jamaah Ngaji Yuk telah berjalan lebih dari lima tahun dan diikuti oleh lebih dari 50 warga perumahan.

Jamaah Ngaji Yuk berkumpul tiap malam jum’at untuk membaca Qur’an dan berdiskusi dalam upaya meningkatkan kecintaan jamaah dan warga terhadap Al Qur’an dengan membaca memahami dan mengamalkannya.

Arif Mujahidin, yang ikut bergabung sebagai jamaah Ngaji Yuk mengatakan bahwa dalam waktu waktu tertentu, jamaah pengajian melakukan kegiatan diluar perumahan untuk menambah wawasan. Bulan Juni 2022, jamaah Ngaji Yuk mengunjungi Masjid Jogokariyan dan Masjid Kauman Yogyakarta untuk melihat bagaimana warga setempat mengelola masjidnya. 

Selain itu, jamaah juga melakukan kegiatan sosial seperti menyumbangkan Al Qur’an dan Masjid di tempat yang membutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement